Wabup : dibutuhkan keterlibatan pengusaha mewujudkan SDM berkualitas

id Sri muslimatun

Wabup : dibutuhkan keterlibatan pengusaha mewujudkan SDM berkualitas

Sri Muslimatun (istimewa)

Sleman (Antaranews Jogja) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Muslimatun menyatakan dalam mewujudkan sumber daya yang berkualitas dan mampu bersaing dibutuhkan keterlibatan pendidik maupun pengusaha.

"Dalam mewujudkan SDM yang berkualitas dan mampu bersaing menghadapi tantangan yang semakin hari semakin berat, dibutuhkan kerja keras serta keterlibatan banyak pihak di dalamnya, termasuk para pendidik dan pengusaha," kata Sri Muslimatun pada peringatan HUT SMK Nasional Berbah, Kamis.

Menurut dia, para guru agar senantiasa membimbing anak didiknya dalam meningkatkan prestasi sebagai upaya memajukan dunia pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Keterlibatan pengusaha juga tidak kalah penting dalam mewujudkan sumberdaya manusia berkualitas," katanya.

Ia mencontohkan, pemberian bantuan sepeda motor dan sejumlah mesin yang diberikan pengusaha industri (Astra Daihatshu Motor dan TVS) kepada SMK Nasional Berbah sangat membantu dalam pelaksanaan pratek para siswa.

"Bantuan dan kerja sama ini merupakan bentuk nyata peran pengusaha untuk mendukung pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualtas," katanya.

Dalam peringatan HUT SMK Nasional Berbah yang ke 42 tahun tersebut juga dilaksanakan penyerahan Sertifikat Lisensi oleh Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP) kepada LSP P1 SMK Nasional Berbah.

"Diharapkan dengan adanya pemberian lisensi kepada SMK Nasional Berbah menjadi penyemangat untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik," kata Sri Muslimatun.

Kepala Sekolah SMK Nasional Berbah, Sleman Dwi Ahmadi mengatakan sebagai upaya mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas pihaknya melibatkan pengusaha untuk bekerjasama dalam bentuk MOU yang nanti dapat memuat kerja sama dalam bidang magang guru, praktik kerja lapangan, serta penyusunan bersama kurikulum sekolah yang berbasis industri.

"Di ulang tahun yang 42 ini kami punya komitmen untuk memberikan layanan pendidikan yang prima bagi pesera didik, melengkapi sarana prasarana yang memenuhi SPM demi terciptanya proses pembelajaran yang kondusif," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024