LKY minta pengecer selektif menjual ikan kalengan

id ikan kalengan

LKY minta pengecer selektif menjual ikan kalengan

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan razia ikan kaleng mengandung cacing di salah satu pusat perbelanjaan, di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (29/3). Razia di sejumlah pusat perbelanjaan tersebut guna mengantisipasi peredaran ikan kaleng ber

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Lembaga Konsumen Yogyakarta berharap para pengecer atau penjual ikan kalengan selektif terhadap produk sebelum menjual ke masyarakat pasca penarikan 27 merek ikan kalengan yang positif mengandung parasit cacing.

"Saya berharap para penjual maupun pengecer (ikan kalengan) ikut bertanggungjawab jika masih menemukan produk tersebut," kata Ketua Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) Saktyarini Hastuti di Yogyakarta, Selasa.

Ia berharap para penjual ikan kalengan yang masih menemukan salah satu dari 27 produk yang sudah ditarik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera menyimpan dan mengembalikan kepada distributor atau ke pabriknya. "Upayakan jangan sampai mejual produk tersebut ke masyarakat," kata dia.

Selain para penjual, lanjut dia, konsumen juga harus selektif dan berhati-hati memilih produk ikan makarel maupun sarden kaleng. "Sebisa mungkin hindari membeli produk yang dilarang beredar oleh BPOM," kata dia.

Sebelumnya, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta telah melakukan penyisiran penjualan 27 merek ikan makarel kaleng yang dinyatakan mengandung cacing parasit di toko-toko modern maupun tradisional di lima kabupaten/kota.

Kepala BBPOM Yogyakarta Sandra MP Linthin mengatakan dari 16 item ikan makarel kaleng yang dilakukan pengujian dan 9 item yang terdeteksi mengandung parasit cacing. "Ada 9 item yang terdeteksi," kata Sandra.

Sampai dengan 28 Maret 2018, 27 merek ikan makarel kaleng yang dinyatakan BPOM RI positif mengandung cacing parasit yakni ikan makarel ABC, ABT, Ayam Brand, BOTAN, CIP, Dongwon, Dr Fish, Merek Farmerjack, IO, HOKI, Fiesta Seafood, Gaga, Hosen, Jojo, King`s Fisher, LSC, Maya, Nago/Nagos, Naraya, Pesca, Poh Sung, Pronas Ranesa, S&W, Sempio, TLC, TSC.

"Semuanya yang terdeteksi adalah ikan makarel bukan ikan sarden," kata Sandra.
(T.L007)