Pemkab perluas lahan bawang merah 20 hektare

id Bawang merah

Pemkab perluas lahan bawang merah 20 hektare

Ilustrasi petani sedang merawat tanaman bawang merah (antarafoto.com)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperluas lahan tanaman bawang merah seluas 20 hektare di tiga kecamatan dalam rangka meningkatkan jumlah produksi di wilayah itu.

Kasi Produksi Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Agus Purwoko di Kulon Progo, Rabu, mengatakan pada 2018 ini, ada pengembangan bawang merah dari anggaran pendapatan dan belanja negera (APBN) di Kecamatan Lendah, Sentolo dan Panjatan seluas 20 hektare.

"Pengembangan lahan bawang merah akan dilakukan penanaman pada Juli dan Agustus ini," kata Agus.

Ia mengatakan total luas tanam bawang merah pada 2018 ditargetkan seluas 522 hektare. Luas tanam bawang merah paling banyak di Kecamatan Sentolo mencapai 222 hektare, Panjatan 165 hektare, Lendah 45 hektare, Wates 28 hektare, Pengasih 18 hektare, Kokap 10 hektare dan Temon enam hektare.

"Areal tanam bawang merah paling luas masih di Kecamatan Sentolo, karena merupakan sentra komoditas tersebut," katanya.

Agus mengatakan pemkab menargetkan jumlah produksi bawang merah sebanyak 4.910 ton dengan tingkat produktivitas 9,54 ton per hektare.

"Kalau dibandingkan dengan produksi 2017 sebanyak 4.643 ton, maka target produksi 2018 sebanyak 4.910 ton mengalami kenaikan 5,7 persen. Kami optimistis akan melampaui target karena ada penambahan luas tanam," katanya.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Eko Purwanto mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan saprodi kepada petani yang akan menanam bawang merah pada 2018.

Saprodi yang diberikan mulai dari alat penangkal hama, dan pupuk, serta obat-obatan yang dibutuhkan. Saprodi ini diharapkan mampu mengurangi biaya produksi dan menjadi daya tarik supaya petani menanam bawang merah.

"Pada 2018, kami menargetkan perluasan lahan bawang merah seluas 20 hektare. Kami optimistis, target tersebut akan terealisasi," katanya.