Gala Siswa untuk mencari bibit pemain sepak bola

id mendikbud

Gala Siswa untuk mencari bibit pemain sepak bola

Mendikbud Muhadjir Effendy (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan Turnamen Sepak Bola tingkat Sekolah Menengah Pertama atau Gala Siswa bertujuan untuk mencari bibit unggul pemain bola.

        "Melalui kompetisi ini, kita bisa mencari bibit unggul pemain bola yang dideteksi dari SMP sehingga pembinaannya lebih intensif dan nanti ketika masuk ke tingkat sekolah menengah atas (SMA), anak-anak sudah bisa terdeteksi bahwa mereka punya kemampuan istimewa di bidang sepak bola," ujar Muhadjir di Jakarta, Sabtu.

        Kompetisi sepak bola tersebut dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan kemudian naik ke tingkat nasional.

        "Nanti ketika ada rekrutmen pemain-pemain profesional maka kita sudah punya list siapa-siapa yang punya bakat sangat spesial di bidang sepakbola itu," tambah Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

        Ke depan, lanjut dia, industri sepak bola cepat atau lambat akan mewarnai kemajuan Indonesia ke depan. Hal itu karena sepak bola merupakan olah raga paling klasik dan paling modern.

        "Saya kira sampai sekarang tidak ada satu pun olahraga yang terindustrialisasi secanggih sepak bola," katanya.

        Mendikbud menjelaskan melalui sepak bola pula, pendidikan karakter dapat ditanamkan. Sepak bola menjadi media yang paling komplit untuk pembentukan karakter siswa karena di situ ada talenta, keterampilan, sportivitas, kerja sama dengan tim, menghargai lawan dan teman, adu taktik, bisa memadukan antara otot dengan otak dalam waktu yang bersamaan dengan keduanya sama-sama membutuhkan konsentrasi penuh.

       "Biar otaknya bagus, cerdas, taktiknya bagus, tapi kalau talentanya rendah dia juga tidak akan bagus. Sebaliknya, juga biar talentanya bagus tapi tidak memiliki otak yang baik, bisa meramu taktik strategi juga tidak akan berhasil. Jadi sepak bola ini media yang paling sempurna untuk pendidikan karakter," papar dia.

        Turnamen sepak bola tersebut 
digelar bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

        Kemdikbud, KONI, dan PSSI menargetkan setidak-tidaknya ada 50 persen dari 350.000 siswa SMP di Indonesia bisa berpartisipasi di Gala Siswa tersebut. Selain Gala Siswa, kerja sama ketiga lembaga tersebut juga akan diwujudkan dalam pemberian kursus Lisensi D Nasional bagi para guru olahraga.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024