Bupati Sleman panen raya bersama SBY

id panen

Bupati Sleman panen raya bersama SBY

Ilustrasi (Foto Antara)

Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman Sri Purnomo bersama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melaksanakan panen raya di Dusun Bantarjo dan Bakalan Donoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Senin.

Sri Purnomo berharap dengan kedatangan SBY pada panen kali ini diharapkan mampu memotivasi para petani dalam memproduksi padi secara maksimal sehingga Sleman mampu mempertahankan predikatnya sebagai gudang berasnya Propinsi DIY.

"Saat ini tanaman pangan utama Kabupaten Sleman, yakni padi masih mengalami surplus. Pada 2017 surplus sebanyak 94.000 ton dengan produksi padi sebesar 290.000 ton gabah, menjadi beras 169.000 ton beras, dan untuk Konsumsi sebesar 75.000 ton beras," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, pada 2018 surplus padi sudah dirasakan di Kabupaten Sleman, angkanya yaitu sebesar 8.000 ton.

"Pada masa panen Maret hingga awal April sudah mencapai kurang lebih 42.000 ton, dan untuk konsumsi 34.000 ton," katanya.

Sedangkan SBY menyebutkan bahwa Kabupaten Sleman sebagai pahlawan pangan. Karena?di tengah pembangunan kota yang tinggi Sleman masih menjadikan pertanian sebagai prioritas bahkan, produksi pertanian mencapai surplus.

"Petani adalah pahlawan. mampu memproduksi beras berlebih untuk daerahnya adalah prestasi, salah satunya Sleman," katanya.

SBY mengapresiasi bahwa Kabupaten Sleman tidak hanya memproduksi beras untuk dikonsumsi warganya sendiri namun juga disumbangkan ke daerah lain mengingat bangsa indonesia adalah bangsa yang paling banyak mengonsumsi beras

Ke depannya SBY berharap Indonesia memiliki ketahanan pangan yang tinggi, sehingga impor beras tidak perlu dilakukan lagi.

Pada sesi dialog SBY mengatakan sangat mengenal sosok Sri Purnomo. Ia tidak heran jika semua pencapaian tersebut pada masa pemerintahan Sri Purnomo, karena di mata SBY, Sri purnomo merupakan sosok pemimpin yang cekatan, kreatif, dan dengan memilik banyak prestasi.

Dalam kegiatan tersebut DPC Partai Demokrat DIY juga memberikan bantuan secara simbolik kepada ketua kelompok tani Mardi Raharjo berupa satu ton pupuk.

SBY juga menghimbau Dengan kepemimpinan baru Presiden Jokowi, ia berharap kebersamaan dan dukungan kepada pemerintah tetap dijaga, berharap semua pemimpin dan pejabat bekerja keras demi kesejahteraan masyarakat.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024