Wabup mengharapkan keluarga miliki pengetahuan pengasuhan anak

id anak

Wabup mengharapkan keluarga miliki pengetahuan pengasuhan anak

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Bantul (Antaranews Jogja) - Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengharapkan para keluarga di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki pengetahuan pengasuhan anak agar mereka bisa berkembang.

"Keluarga-keluarga kita perlu memiliki ilmu pengetahuan yang cukup bagaimana melakukan pengasuhan anak, baik dari aspek kesehatan, aspek pendidikan dan aspek tumbuh kembangnya secara sosial," katanya di Kabupaten Bantul, Rabu.

Menurut dia, disela membuka Program Pembinaan dan Pengelolaan Pengasuhan dan Tumbuh Kembang Anak Tahun 2018 se-Desa Gilangharjo, selain ilmu pengetahuan pengasuhan anak, keluarga juga harus memiliki ketahanan dalam mengasuh anak hingga besar.

Wabup Bantul mengatakan, di Desa Gilangharo Kecamatan Pandak juga sudah ada satuan tugas (satgas) perlindungan perempuan dan anak yang bertugas melakukan pendampingan para keluarga di wilayah masing-masing.

"Mereka melakukan pendampingan terhadap keluarga-keluarga yang memiliki anak-anak mulai dari balita (bawah lima tahun). Dan inilah perlu perhatian yang terpola dengan baik," kata Pak Halim sapaan akrab Wabup Bantul.

Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah daerah berharap hasil dari program ini adalah masing-masing keluarga akan menyadari betapa pentingnya pola asuh yang benar terhadap anak-anak sesuai dengan usia anak tersebut.

Sementara itu, Ketua Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KPPA) Desa Gilangharjo Zainul Zain mengatakan, kegiatan ini merupakan tahun ketiga dari Program Pembinaan dan Pengelolaan Pengasuhan dan Tumbuh Kembang Anak.

"Kegiatan sudah dilakukan dari tahun 2016 dan 2017, dan di tahun 2016, sudah kami laksanakan program ini dengan pendampingan terhadap 150 keluarga dari Desa Gilangharjo," katanya.

Sedangkan Lurah Desa Gilangharjo Pardiyana berharap kegiatan ini bisa mendongkrak prestasi kegiatan belajar mengajar di lingkungan, sehingga perlu diberikan apresiasi terhadap kader yang telah memperjuangkan sehingga program ini bisa berjalan dengan lancar.

"Dengan adanya program ini mudah-mudahan tingkat kesejahteraan di Desa Gilangharjo akan semakin bertambah," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024