BNPB : kampanyekan kesiapsiagaan bencana dari diri sendiri

id BNPB,mitigasi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Istimewa)

Bantul (Antaranews Jogja) - Direktur Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Lilik Kurniawan mengajak semua pihak untuk mengkampanyekan kesiapsiagaan bencana mulai dari diri sendiri dan orang-orang terdekat.

"Kita harus memulai mengkampanyekan kesiapsiagaan bencana itu, dimulai dari diri kita, keluarga kita dan masyarakat orang-orang terdekat kita," kata Lilik usai seminar Sadar Bencana di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, perlunya mengkampanyekan kesiapsiagaan bencana dari diri sendiri karena berdasarkan hasil survei dari otoritas terkait, 95 persen keselamatan seseorang ketika terjadi sebuah bencana itu karena faktor dari diri sendiri.

"Jadi yang 95 persen tadi itu adalah hasil survei pascagempa bumi di Kobe Jepang tahun 1995, tetapi itu relevan dengan yang ada di Indonesia, karena faktanya kita juga mirip dengan yang di Jepang itu," katanya.

Lilik menambahkan, jadi masyarakat Bantul dan sekitarnya pada saat gempa bumi 27 Mei 2006 itu juga memang banyak yang kemudian diselamatkan oleh masyarakat sekitar dan dirinya mereka sendiri.

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau kepada semua pihak terkait kebencanaan dan masyarakat di seluruh Indonesia untuk berlatih mengenai kesiapsiagaan bencana menyambut hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional nanti.

"Tanggal 26 April nanti itu hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, jadi semua pihak kita ajak untuk berlatih mengenai kesiapsiagaan itu, jadi masih ada 10 hari lagi, mari kita persiapkan," katanya.

Lilik mengatakan, latihan kesiapansiagaan itu mengenai potensi bencana yang terjadi di daerah ini, misalnya gempa bumi, maka jalur-jalur evakuasi, dan tempat berkumpul orang ketika berada di sebuah bangunan harus dipersiapkan.

"Kalau ada gempa misalnya, bapak mau ke mana, apa yang akan dilakukan, tanda-tanda jalur evakuasi apakah sudah ada, kalau belum ayo kita siapkan dalam 10 hari ini, Dan tanggal 26 April nanti kita bareng-bareng melakukan simulasi bencana," katanya.Budi Suyanto
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar