KPU Gunung Kidul temukan kesalahan nama Bupati

id KPU Gunung Kidul,bupati gunung kidul

KPU Gunung Kidul temukan kesalahan nama Bupati

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan kesalahan penulisan nama Bupati Gunung Kidul Badingah pada saat pencocokan dan penelitian (coklit) data daftar pemilih Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Gunung Kidul Zaenuri Ikhsan di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan bahwa petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) mendatangi rumah dinas Bupati Gunung Kidul Badingah,?Jalan Kasatrian Nomor 2?Dusun Purbosari, Desa Wonosari.

"Pada coklit hari pertama, PPDP menemukan salah penulisan nama Bupati Gunung Kidul dalam nama daftar pemilih sementara (DPS) tidak sesuai dengan nama pada KTP-el. Kesalahannya, yakni ada perubahan di NIK dan Badi`ah yang benar Badingah, yang ini kami betulkan sesuai dengan KTP-el," kata Ketua KPU Gunung Kidul Zaenuri Ikhsan.

Pada tahapan coklit ini, pihaknya menerjunkan?PPDP sebanyak 2.715 orang. Melalui coklit tersebut, akan ditemukan data warga baik yang sudah memiliki KTP maupun yang seharusnya memiliki tetapi tidak punya akan didata.

Adanya coklit, lanjut dia, kesalahan penulisan nama seperti ini? dapat segera dilakukan pembenahan data.

"NIK-nya juga dibenahi karena adanya kesalahan," katanya.

Zaenuri mengatakan pihaknya akan melakukan?coklit mulai 17 April hingga Mei 2018.

Ia berharap peran aktif masyarakat untuk memberikan data sebenar-benarnya.

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan kesalahan nama yang tertulis karena bisa langsung diperbaiki.

Badingah berharap masyarakat untuk ikut membantu dan teliti dalam pelaksanaan coklit.

"Pagi tadi petugas melakukan coklit dengan mencocokkan kartu keluarga dan KTP saya semua sudah beres tidak ada permasalahan," ucapnya.