Mahasiswa UII kuliah lapangan di Pemkab Sleman

id mahasiswa uii,kuliah lapangan di pemkab

Mahasiswa UII kuliah lapangan di Pemkab Sleman

Kantor Pemkab Sleman (Foto ANTARA/ags)

Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman menerima kunjungan kuliah lapangan sebanyak 150 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta bersama para pendampingnya, Selasa.

Kuliah Lapangan mahasiswa UII Yogyakarta bertema "Hubungan Eksekutif dan Legislatif dalam Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Sleman".

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sleman Purwatno Widodo yang menerima kunjungan mahasiswa tersebut berharap para mahasiswa dapat mengambil ilmu yang ada di Pemerintahan Kabupaten Sleman.

"Ada beberapa perbedaan antara ilmu yang diajarkan pada materi perkuliahan dengan praktik yang ada di lapangan," kata Purwatno.

Ia mengatakan bahwa pemerintah daerah harus selalu menjaga komunikasi dengan masyarakat atau akademisi untuk menyusun kebijakan.

"Kami berharap mahasiswa UII Yogyakarta yang melakukan kuliah lapangan dapat memberikan masukan kepada pemerintah terkait penyusunan perda di Kabupaten Sleman. Jangan sampai berhenti di sini. Mari kita bangun komunikasi antara pemerintah dengan kalangan akademisi," katanya.

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Fakultas Hukum UII Yogyakarta Eko Rial Nugroho mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan Fakultas Hukum UII Yogyakarta pada setiap semester.

"Untuk semester ini kami telah membagi kuliah lapangan menjadi tiga tempat, yaitu Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Sleman, dan Pemerintah Kabupaten Bantul. Program ini sudah menjadi ikon Fakultas Hukum. Bahkan semester lalu sampai ke DPR RI,," katanya.

Kegiatan tersebut diisi dengan penyampaian materi terkait penyusunan perda di Kabupaten Sleman oleh Hendra Adi Riyanto selaku Kasubbag Perundang-undangan Bagian Hukum Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman dan diskusi tanya jawab dengan para mahasiswa.
 
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024