Sultan minta seluruh mahasiswa menggunakan hak pilih

id Sultan

Sultan minta seluruh mahasiswa menggunakan hak pilih

Sri Sultan HB X (Foto ANTARA)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta seluruh mahasiswa dari berbagai kampus di daerah ini menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

"Jangan sampai mereka tidak menggunakan hak pilihnya," kata Sultan di Keraton Kilen, Yogyakarta, Selasa.

Sultan berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY dapat memfasilitasi para mahasiswa khususnya yang berasal dari luar daerah untuk bisa menggunakan hak suaranya seperti pada Pemilu 2014.

Ia berharap para mahasiswa dari luar derah bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak 17 April 2019 di Yogyakarta. Pertimbangannya mahasiswa belum memasuki masa liburan dan baru akan pulang ke kampung halaman setelah melaksanakan ujian semester pada Mei 2019.

"Harapan saya bisa pindah (daftar pemilihan) di sini karena mereka mestinya nanti baru pulang ke daerahnya kalau sudah ujian semester," kata Raja Keraton Ngayogyakarta ini.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengatakan akan mempermudah proses pendataan mahasiswa dari luar daerah yang ingin menggunakan hak suaranya di Yogyakarta.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan saat ini terdapat 380.000 mahasiswa di DIY khususnya di Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta. Dari jumlah itu, sekitar 75 persen merupakan mahasiswa luar daerah.

Untuk mempermudah proses pendataan, katanya, KPU DIY telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di DIY.

"Kami akan menanyakan apakah yang bersangkutan akan memilih di Yogyakarta. Kalau di Yogyakarta akan kami memfasilitasi," kata Hamdan.

(L007)