Diskominfo Sleman selenggarakan pelatihan pembuatan "vlog"

id video blog perangkat desa,dihubkominfo sleman

Diskominfo Sleman selenggarakan pelatihan pembuatan "vlog"

Suasana pelatihan vlog yang diselenggarakan Diskominfo Sleman. (ist. Diskominfo Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan pembuatan video blog atau "vlog" bagi perangkat daerah, pemerintah desa, dan kelompok informasi masyarakat.

"Pelatihan pembuatan `vlog` ini berlangsung selama tiga hari penuh di Sleman Creative Space, Depok, Sleman, mulai 17 hingga 19 April 2018," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman Intriati Yudatiningsih, Kamis.

Menurut dia, pelatihan vlog ini untuk memaksimalkan penyebarluasan informasi dan potensi-potensi di Sleman yang belum tergali.

"Vlog kini semakin populer sebagai media untuk menyampaikan pesan, orang-orang biasa pun bisa menjadi selebritis media sosial menjadi terkenal berkat vlog mereka yang ditonton ribuan orang, Tidak terkecuali bagi pemerintah, tuntutan untuk aktif memberikan informasi kepada masyarakat membuat pemerintah kini mulai melirik vlog sebagai alternatif menyampaikan pesan pemerintah," katanya.

Pelatihan yang diikuti 150 ini menghadirkan narasumber Dony Ignazio dan Yoga, kreator-kreator vlog yang tergabung dalam Sleman Creative Community.

Menurut Dony, banyak sekali faktor yang mempengaruhi sebuah vlog bisa digandrungi atau tidak.

Membuat vlog memang gampang-gampang susah, ada vlog yang sederhana bahkan terkesan amatiran tetapi memiliki viewer luar biasa banyak di sisi lain ada vlog yang dibuat secara profesional tetapi sedikit yang menonton," katanya.

Dalam pelatihan ini Dony mencontohkan bagaimana membuat vlog yang mudah tetapi mampu menghadirkan kualitas audio visual yang bagus dan layak untuk ditonton. Salah satu yang memegang peranan penting adalah tahapan praproduksi atau persiapan.

"Mulai dari mempersiapkan tema, materi, sampai mempersiapkan peralatan. Jangan lupa mempersiapkan alat-alat bantu yang digunakan untuk proses perekaman video seperti apabila kita ingin membuat vlog yang tipenya adalah tutorial yang membutuhkan alat-alat bantu, seperti tutorial memasak misalnya, pastikan semua alat dan bahan untuk memasak tersedia terlebih dahulu," katanya.

Terkait apakah vlog yang selama ini dikenal personal cocok sebagai media komunikasi pemerintah, menurut Dony sangat dimungkinkan dengan syarat harus dipersiapkan dulu tema, konsep, materi dan gaya bahasa yang disesuaikan dengan aturan pemerintahan.

"Bukan berarti bahasanya harus kaku dan formal. Menurut saya gaya bahasa santai pun tidak masalah," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024