Masyarakat Bantul diimbau waspadai angin kencang

id angin kencang,bpbd bantul

Masyarakat Bantul diimbau waspadai angin kencang

Ilustrasi (Foto Istimewa) (istimewa)

Bantul (Antaranews Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakart,  mengimbau masyarakat daerah setempat mewaspadai kejadian angin kencang yang berpotensi terjadi pada musim pancaroba.

"Karena sudah memasuki musim pancaroba harapan kita kepada warga masyarakat Bantul tetap waspada, siaga, menghadapi segala kemungkinan bisa terjadi seperti angin kencang," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Jumat.

Menurut dia, saat ini di wilayah Bantul dan sekitarnya masih memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau, meski waktunya sampai kapan itu belum bisa diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta.

"Saat ini kan masih terjadi turun hujan di beberapa daerah, tetapi tidak merata dan ini juga perlu kewaspadaan masyarakat, sebab biasanya angin kencang terjadi saat turun hujan," katanya.

Ia juga mengharapkan dan mengimbau kalau masyarakat melihat lingkungan yang asri dan banyak pohon perindang juga perlu diwaspadai, sebab di balik keasrian itu ada potensi bencana yang perlu diantisipasi.

"Harapan kita masyarakat paham betul apa yang menjadi ancamannya, sehingga bisa diantisipasi supaya ancaman itu tidak menjadi bencana. Dan kita terus akan melakukan terkait dengan beberapa kegiatan antisipasinya," katanya.

Dwi mengatakan, kejadian angin kencang memang berpotensi terjadi di semua kecamatan se-Bantul, akan tetapi besarannya dan dampak yang diakibatkan angin tidak sama, tergantung kondisi geografis wilayah tersebut.

"Hampir semua kecamatan berpotensi itu, walaupuan mungkin besarannya tidak sama, besaran kejadian tidak sama, tapi sekarang sudah hampir semua merata terkait dengan ancaman bencana angin kencang khususnya," katanya.

KR-HRI/ 20-04-2018 14:36:19
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024