Musornaslub KONI akan menetapkan tuan rumah PON 2024

id koni

Musornaslub KONI akan menetapkan tuan rumah PON 2024

KONI (Foto Istimewa)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang berlangsung di Jakarta pada Selasa (24/4) akan menetapkan calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024.

         "Penetapan calon tuan rumah PON XXI itu akan menjadi agenda tunggal dalam Musornaslub KONI. Tim penjaringan tuan rumah akan melaporkan hasil peninjauan lapangan dari tiga calon lokasi dalam musornaslub itu," kata Wakil IV Ketua Umum KONI Pusat K. Inugroho di Jakarta, Jumat.

         Inugroho mengatakan tim penjaringan calon tuan rumah PON 2024 dari KONI Pusat telah melakukan penilaian dari tiga calon lokasi yaitu Provinsi Aceh bersama Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Bali bersama Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Kalimantan Selatan terkait kesiapan mereka.

         "Calon tuan rumah harus memenuhi syarat antara lain sudah memiliki minimal 30 persen infrastruktur pendukung PON. Mereka akan dipilih oleh 34 KONI Provinsi," kata Inugroho.

         Tuan rumah PON 2024 yang terpilih dalam Musornaslub KONI itu, lanjut Inugroho, akan menjadi bahan laporan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga.

         "Menpora lantas akan menetapkan secara resmi tuan rumah PON ke-21 atau PON 2024," kata Inugroho.

         Inugroho mengatakan proses penetapan calon tuan rumah PON 2024 itu menjadi agenda dalam musyawarah luar biasa menyusul PON sebagai agenda strategis KONI.

         "Penetapan tuan rumah PON itu harus dilakukan enam tahun sebelum penyelenggaraan menyusul persiapan tuan rumah untuk menyiapkan infrastruktur dan keperluan-keperluan PON," katanya.

         Sebelumnya, Provinsi Sumatera Barat sempat mengajukan diri sebagai calon tuan rumah PON 2024.

         "Tapi, Sumatera Barat tidak memenuhi persyaratan administratif sehingga mereka memutuskan mundur dari pencalonan. Sedangkan tiga daerah lain telah memenuhi persyaratan," kata Inugroho.

         Selain Musornaslub, KONI Pusat akan menggelar Rapat Kerja Nasional 2018 di Jakarta, pada Rabu (25/4), yang membahas persiapan PON 2020 di Papua, persiapan Asian Games 2018, laporan kerja KONI Pusat 2017, dan rencana program kerja KONI Pusat 2018.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024