Disdikpora imbau sekolah siapkan genset kelancaran UNBK

id ujian nasional

lustrasi. Siswa sedang mengikuti UNBK. (Foto ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau sekolah menengah pertama di daerah ini menyiapkan genset guna kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Kepala Disdikpora Bantul Didik Warsito di Bantul, Selasa, mengatakan, penyiapan genset di sekolah itu sebagai antisipasi kejadian listrik padam saat pelaksanaan UNBK seperti yang terjadi di SMP Negeri 2 Imogiri pada Senin (23/4) sore di sesi ketiga.

"Kalau kita sudah bersurat kepada PLN untuk tidak ada pemadaman listrik, hanya saja sekolah tetap kita imbau untuk genset disiapkan, sehingga ketika ada mati listrik saat ujian genset sudah siap," katanya.

Menurut dia, kejadian listrik padam di SMP Negeri 2 Imogiri saat ujian komputer berlangsung memang menjadi perhatian bagi pihak sekolah, sebab saat itu ujian di sesi terakhir tertunda karena kendala teknis jaringan listrik itu.

Didik mengatakan, sampai sejauh ini pihaknya belum mengetahui permasalahan apa yang dialami sekolah hingga jaringan listrik padam, meski begitu setelah listrik padam sekolah sudah menyewa genset dan disiapkan hingga sekarang.

"Makanya genset perlu disiapkan, karena kebanyakan genset ini juga masih selain pengadaan sendiri oleh sekolah juga sewa, jadi kalau sewa kan mestinya dihidupkan terus nyala, tidak kok malah ikutan mati," katanya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Imogiri Bantul Mugiono mengatakan, sekolah terpaksa menyewa genset untuk kelancaran UNBK di sekolah, menyusul padamnya aliran listrik pada Senin (23/4) sore hingga mengganggu pelaksanaan ujian dengan komputer itu.

Ia menjelaskan, pihak sekolah sudah menyewa genset ukuran 60 kilo volt ampere dengan biaya mencapai sebesar Rp1 juta per hari. Di sekolahnya sendiri ada 75 unit komputer yang disiapkan untuk peserta UNBK 201 siswa.

"Untuk pelaksanaan UNBK hari ini (Selasa, 24/4) kami sudah menyiapkan genset yang besar, sehingga kalau listrik tiba-tiba padam nanti dayanya tetap mencukupi," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar