Bantul punya "penyapu" sampah kawasan wisata

id objek wisata bantul

Bantul punya "penyapu" sampah kawasan wisata

Objek wisata pantai Gua Cemara Bantul, DIY (Foto ANTARA/Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai memberikan pembekalan para tenaga kebersihan untuk pembentukan satuan tugas sampah di kawasan wisata daerah ini.

"Satgas sampah yang terdiri atas petugas harian lepas (PHL) kini sedang diberi pembekalan. Kita sudah uji coba minggu lalu dengan kerja bakti bersama di kawasan wisata Gua Cerme," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Rabu.

Menurut dia, pembekalan tenaga PHL kebersihan melalui kegiatan pembersihan wisata dengan keroyokan terus dilakukan dari objek wisata satu ke yang lain, seperti di Gua Cerme akan dilanjutkan ke kawasan parkiran.

Ia mengatakan, petugas kebersihan di setiap objek wisata ada dua atau tiga orang tersebut kalau mengerjakan setiap hari tetap ada yang terlewat atau hasilnya kurang maksimal, sehingga memang perlu dilakukan secara keroyokan.

"Kita punya tenaga kebersihan yang relatif banyak sekitar 54 orang itu, kita gilir untuk setiap miggunya nanti paling tidak sebulan dua kali kita minta untuk membersihkan di salah satu titik objek wisata," katanya.

Dengan demikian, kata dia, tugas dari instansinya melakukan pemantauan melihat objek wisata mana di Bantul yang perlu dibersihkan bersama-sama.

"Harapannya nanti suasana di objek wisata Bantul mulai rapi dan bersih. Nanti pemandu wisata, masyarakat sekitar, dan kelompok sadar wisata kita libatkan," katanya.

Kwintarto mengatakan dengan adanya kesadaran bersama antara pihak terkait  akan diarahkan menjadi tenaga yang dikukuhkan sebagai satgas sampah.

Ia menambahkan mewujudkan wisata bersih dengan melibatkan berbagai pihak akan memancing masyarakat dan pelaku usaha sekitar termasuk pokdarwis ikut menjaga dan mewujudkan salah satu sapta pesona wisata.



(