BPBD menyalurkan bantuan material korban puting beliung

id bantuan material,material korban puting beliung

BPBD menyalurkan bantuan material korban puting beliung

Ilustrasi bantuan material korban bencana, dok (Foto Antara)

Bantul (Antaranews Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyalurkan bantuan material berupa asbes dan seng kepada pemilik rumah yang rusak terdampak angin puting beliung pada Selasa (24/4) sore.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Rabu, mengatakan, mayoritas kerusakan rumah warga di bagian atap, yaitu seng dan asbes sehingga pihaknya akan menyalurkan bantuan material agar rumah bisa diperbaiki.

"Saat ini masih kita data agar pemulihan masyarakat bisa lebih cepat, apalagi ini masih sering terjadi hujan sehingga kebutuhan atap bagi warga yang rumahnya terdampak sangat penting dan bisa kita gulirkan," katanya.

Menurut dia, berdasarkan pendataan di lapangan kejadian angin kencang pada Selasa (24/4) sore menyebabkan 130 rumah warga rusak yang tersebar di tiga pedukuhan Desa Banguntapan yaitu Sorowajan Baru, Karangjambe dan Karangbendo.

Ia mengatakan, sebagai instansi penanggulangan bencana akan berupaya mempercepat proses pemulihan kondisi warga yang terdampak terjangan angin di Banguntapan itu, agar mereka bisa segera beraktifitas seperti biasa.

Dwi mengatakan, bantuan berupa seng dan asbes bagi warga terdapak kejadian tersebut akan didistribusikan melalui kepala dukuh di Desa Banguntapan.

Sementara itu, Ketua RT 03 Sorowajan Baru, Desa Banguntapan Totok Indarto mengatakan, setelah kejadian angin pada Selasa (24/4) warga yang terdampak di wilayahnya langsung melakukan pembenahan atap rumah yang rusak.

"Warga di sini spontan, apa yang bisa kita benahi langsung kita benahi, sambil menunggu bantuan material datang dari pemerintah daerah maupun Basarnas, sebagian bantuan sudah datang berupa seng," katanya.

Sementara itu, Manajer Pusdalops BPBD Bantul Aka Luk Luk mengatakan, kejadian angin kencang yang menyertai hujan deras tersebut terjadi setelah satu jam turun hujan deras pada sekitar 14.00 WIB di wilayah Bantul bagian utara.

"Kalau lokasi kejadian itu di Sorowajan perbatasan dengan Kota Yogyakarta. Tetap meski lokasi yang terdampak tidak hanya di Bantul, namun tim gabungan dari BPBD Bantul dan Kota mendirikan pos di lokasi sama," katanya.