Pelaksanaan UNBK di Gunung Kidul tanpa kendala

id UNBK,Gunung Kidul

Pelaksanaan UNBK di Gunung Kidul tanpa kendala

UNBK tingkat SMP sempat tertunda karena terkendala server maupun listrik padam (Foto Antara) (Foto Antara/)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2018 tingkat SMP/MTs di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berjalan lancar tanpa kendala listrik padam dan jaringan internet lambat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Kidul Bahron Rasyid di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan UNBK hari ketiga (25/4) tak ada laporan yang masuk di dinas terkait adanya gangguan atau hambatan yang terjadi saat pelaksanaan UNBK berlangsung.

Berdasarkan laporan memasuki hari ketiga, pelaksanaan ujian untuk siswa SMP berjalan baik di semua sekolah.

"Alhamdulillah pelaksanaan UNBK hari ketiga ini berjalan lancar, tidak ada laporan hambatan," katanya.

Berbeda dengan pelaksanaan pada hari kedua, Selasa (24/4), dimana beberapa sekolah sempat terkendala gangguan server dan pemadaman listrik. Adapun insiden mati listrik yang terjadi disebabkan meledaknya salah satu travo yang berada di dekat sebuah toko modern area Jalan Brigjen Katamso, Wonosari. "Semoga sampai akhir tidak ada kendala," katanya.

Kepala SMP N 3 Wonosari Mulyadi menuturkan pemadaman listrik terjadi pada 07.55 WIB saat berlangsungnya ujian sesi pertama. Meski sekolah telah menyediakan genset, namun pelaksanaan ujian sempat tertunda selama empat menit. Meski begitu, padamnya listrik tidak mengganggu jalannya ujian lantaran setelahnya pelaksanaan berjalan dengan lancar.

"Listrik padam sampai 45 menit, diperkirakan instalasi mengalami gangguan. Untuk sekolah telah menyediakan genset sehingga hanya tertunda empat menit saja,? tuturnya.

Dijelaskannya pelaksanaan UNBK di SMP N 3 Wonosari sendiri diikuti 192 siswa yang terbagi menjadi 3 sesi. Pihaknya masih mengandalkan tenaga listrik dari aliran genset yang kemudian diganti ke listrik pada perpindahan antara sesi dua ke sesi tiga.

(U.KR-STR)