Taman Pintar Yogyakarta didorong tambah jam operasional

id taman pintar

Taman Pintar Yogyakarta didorong tambah jam operasional

Taman Pintar Yogyakarta (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Tempat wisata dan edukasi Taman Pintar Yogyakarta didorong untuk menambah jam operasional hingga malam hari, namun untuk merealisasikannya membutuhkan persiapan matang.

"Apalagi ini sudah di tengah tahun anggaran. Harapannya, pengelola Taman Pintar bisa melakukan kajian terkait kebutuhan apa saja yang harus dipersiapkan termasuk harus ada uji coba terlebih dulu," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, persiapan yang harus dilakukan Taman Pintar untuk menambah jam operasional hingga malam hari cukup banyak, apalagi tempat wisata tersebut dipenuhi dengan beragam peralatan yang harus dijaga keamanannya setiap saat.

"Mulai dari persiapan fasilitas penerangan yang lebih baik hingga penambahan sumber daya manusia untuk bertugas di malam hari termasuk menjaga keamanan. Apalagi, Taman Pintar berada di kawasan yang cukup ramai," katanya.

Selain itu, Heroe juga meminta Taman Pintar untuk melakukan kajian terkait lama waktu penambahan yang akan diberlakukan. Selama ini, Taman Pintar beroperasi hingga pukul 17.00 WIB.

"Apakah bisa diperpanjang hingga pukul 19.00 WIB atau hingga 20.00 WIB. Penambahan jam operasional pun perlu kajian, yang pasti harus efektif," katanya.

Salah satu latar belakang untuk mendorong Taman Pintar beroperasi hingga malam hari, lanjut Heroe, banyak wisatawan yang masuk ke Kota Yogyakarta pada sore atau malam hari sehingga membutuhkan atraksi wisata yang bisa dikunjungi saat malam hari.

"Saat ini, sudah ada Pasar Beringharjo yang buka sampai malam. Jika Taman Pintar bisa buka sampai malam, maka akan menambah atraksi wisata," katanya.

Selain itu, lanjut Heroe, pada saat pelaksanaan promosi wisata Kota Yogyakarta ke beberapa daerah, diketahui banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke Taman Pintar karena tiketnya tergolong murah.

Sebelumnya, Kepala Bidang Taman Pintar Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Afia Rosdiana mengatakan, masih melakukan kajian terkait efektivitas jika tempat wisata edukasi tersebut menambah jam operasional hingga malam hari.

Berbagai pertimbangan yang menjadi bahan kajian di antaranya kesiapan sumber daya manusia, keamanan, hingga fasilitas penunjang.

Taman Pintar menjadi ikon wisata di Kota Yogyakarta dengan jumlah kunjungan rata-rata mencapai satu juta wisatawan per tahun. Di tempat wisata tersebut, pengunjung bisa menikmati 54 zona ilmu pengetahuan dan teknologi.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024