1.053 atlet ambil bagian dalam Kejurnas Atletik 2018

id atletik

1.053 atlet ambil bagian dalam Kejurnas Atletik 2018

ilustrasi (foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 1.053 atlet senior, junior, dan remaja dari 34 provinsi akan mengikuti Kejuaraan Nasional Atletik 2018 yang digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, pada 7-12 Mei.

"Kejuaraan naisonal pada tahun ini kami gelar secara bersama yaitu kejuaraan senior, junior, dan remaja demi peningkatan kemampuan atlet-atlet pelapis," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Muhammad Hasan di Jakarta, Jumat.

Hasan mengatakan penyelenggaraan tiga tingkatan kejuaraan nasional itu sekaligus bertujuan mencari atlet-atlet pelapis potensial untuk atlet-atlet pemusatan latihan nasional PB PASI.

"Kami ingin ada perbaikan teknik selain juga perbaikan kemampuan berbahasa inggris baik dari atlet ataupun pelatih. Itu alasan kami mengirim sejumlah atlet untuk berlatih di Amerika Serikat pada April lalu," kata pria yang akrab disapa Bob Hasan itu.

Hasan mengatakan Kejuaraan Nasional Atletik 2018 itu bekerjasama dengan Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (GBK) sebagai pemilik lokasi stadion atletik.

"Jika kami harus sewa, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp2-3 miliar, termasuk untuk makanan dan penginapan selama kejuaraan," kata Hasan.

Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor M. Tanjung mengatakan kejuaraan nasional itu sekaligus menjadi ajang terakhir bagi induk organisasi cabang atletik untuk mencari atlet potensial dalam tim Asian Games.

"Jelas masih ada kemungkinan untuk masuk dalam tim. Atlet-atlet yang sudah ada dalam pelatnas Asian Games masih belum aman dan mereka harus tetap memacu prestasi," kata Tigor.

Tigor mengatakan jumlah atlet tingkat senior yang mengikuti kejuaraan sebanyak 404 atlet, sedangkan pada tingkatan junior atau U20 sebanyak 282 atlet dan tingkat remaja (U18) sebanyak 367 atlet.

Sementara, jumlah pelatih dan ofisial dari 34 provinsi yang menemani atlet-atlet mereka dalam kejuaraan itu sebanyak 178 orang.

Kejuaraan Nasional Atletik 2018 itu akan melombakan 27 nomor perlombaan putra dan putri baik pada tingkat senior, junior maupun remaja.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024