Tujuh siswa akan ikuti UNBK susulan SMP

id unbk

Tujuh siswa akan ikuti UNBK susulan SMP

UNBK (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak tujuh siswa SMP di Kota Yogyakarta yang tidak dapat mengikuti ujian nasional berbasis komputer dijadwalkan akan mengikuti ujian susulan yang mulai digelar Selasa (8/5).

"Ada sembilan siswa yang tidak mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada jadwal utama, namun dua di antaranya mengundurkan diri sehingga tinggal tujuh siswa yang dijadwalkan mengikuti ujian susulan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, ketujuh siswa tersebut tidak dapat mengikuti UNBK pada jadwal utama karena sakit sehingga hampir semua siswa akan mengikuti UNBK untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan Bahasa Inggris.

Seluruh siswa, lanjut Edy, akan mengerjakan UNBK di sekolah yang sudah ditetapkan sebagai sub rayon yaitu di SMP Negeri 2 Yogyakarta, SMP Negeri 5 Yogyakarta, SMP Negeri 8 Yogyakarta dan SMP Negeri 9 Yogyakarta.

Edy memastikan, tidak ada perbedaan perlakuan antara siswa yang mengikuti UNBK pada jadwal utama dengan peserta yang mengikuti UNBK susulan.

"Tidak ada perbedaan alokasi waktu yang ditetapkan untuk mengerjakan soal ujian. Bobot soal juga tetap sama, masih ada lima soal per mata pelajaran yang masuk kategori `high order thinking skill` (HOTS)," kata Edy.

Setiap ruangan yang digunakan, lanjut dia, juga akan dijaga oleh dua orang pengawas dan tetap ada proktor serta teknisi yang mendampingi selama UNBK diselenggarakan.

"Setiap hari akan ada satu mata pelajaran yang diujikan. Ujian susulan akan digelar hingga Sabtu (12/5) karena Kamis (10/5) kebetulan bertepatan dengan hari libur nasional," kata Edy.

Jika tidak ada perubahan, lanjut Edy, pengumuman kelulusan SMP akan dilakukan pada 23 Mei karena sebelumnya dijadwalkan pada 26 Mei.

"Dalam pengumuman kelulusan itu juga akan disertakan pengumuman mengenai nilai UNBK yang mereka peroleh," kata Edy. (E013)

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024