Bantul pastikan kesiapan sarana destinasi wisata

id wisata bantul

Bantul pastikan kesiapan sarana destinasi wisata

Desa Wisata Mangunan Dlingo Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan kesiapan sarana dan prasarana di kawasan destinasi wisata daerah ini menghadapi libur Lebaran 2018.

"Kami ada skala prioritas untuk beberapa titik objek wisata yang kami bantu dan tambahkan sarana prasarana, ini untuk mengejar libur Lebaran dengan persiapan-persiapan yang ada," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Senin.

Menurut dia, dalam menambah maupun memperbaiki sarana dan prasarana di kawasan wisata perlu memperhatikan skala prioritas karena tidak mungkin semua kebutuhan sarana wisata dipenuhi, namun paling tidak sudah memberikan kenyamanan wisatawan.

"Yang sudah dilakukan di beberapa titik destinasi kita tambahkan misalnya akses jalan yang setapak yang kurang kita perbaiki, lalu fasilitas terkait dengan ketersediaan fasilitas air bersih dan fasilitas umum lainnya sudah kita cek semua," katanya.

Dengan demikian, kata dia, ketersediaan sarana pendukung di objek wisata di Bantul sejauh ini sudah tercukupi, terutama sarana penting di destinasi wisata yang diprediksi tingkat kunjungannya tinggi saat liburan nanti.

Di samping sarana pendukung wisata, kata dia, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada teman-teman pelaku usaha di lapangan, misalnya terhadap pengusaha jasa sewa payung di kawasan Pantai Parangtris sebab keberadaannya sempat dikeluhkan.

"Keluhan di Parangtritis itu ada payung yang memasangnya terlalu dekat, sehingga banyak menutup akses jalan, karena itu mengganggu, maka sudah kami komunikasikan kepada pelaku usaha di sana, agar bisa ditata lebih baik," katanya.

Kwintarto mengatakan, dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi wisatawan di objek wisata, pihaknya juga akan menerjunkan personel pengendalian lapangan, untuk pengamanan di objek wisata termasuk melakukan pendekatan kepada pelaku usaha.

"Ke depan kami juga akan ada satgas (satuan tugas) sampah di objek wisata. Untuk satgas sampah dari tenaga PHL (petugas harian lepas) ini sudah kami uji coba minggu lalu dengan kerja bakti bersama di kawasan wisata Gua Cerme," katanya.