Lalu lintas Yogyakarta akhir pekan padat

id lalu lintas di yogyakarta

Lalu lintas Yogyakarta akhir pekan padat

Sejumlah anggota kepolisian mengatur arus lalu lintas di perempatan Kantor Pos Besar Yogyakarta. FOTO ANTARA

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memperkirakan adanya potensi peningkatan kepadatan lalu lintas saat libur nasional Kenaikan Isa Al Masih hingga akhir pekan.

"Saat akhir pekan memang selalu ada peningkatan kepadatan lalu lintas. Apalagi akan ada tambahan libur di pertengahan pekan, sehingga kami perkirakan ada kenaikan potensi kepadatan lalu lintas yang lebih tinggi dibanding akhir pekan biasa," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Yogyakarta, Selasa.

Meskipun demikian, Golkari mengatakan belum membutuhkan rekayasa atau pengaturan lalu lintas khusus karena kepadatan diperkirakan masih bisa terurai dengan pengaturan lampu lalu lintas melalui "area traffic control system" (ATCS).

"Kami tidak akan menerapkan rekayasa lalu lintas khusus saat libur akhir pekan ini. Kepadatan masih bisa diurai dan ditangani dengan pengaturan di lapangan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pengaturan durasi lampu lalu lintas bisa dilakukan secara otomatis melalui ruang kontrol jika terjadi kepadatan. "Petugas kami juga rutin berpatroli di lapangan, termasuk berkoordinasi dengan kepolisian," kata Golkari.

Sejumlah titik yang diperkirakan mengalami kepadatan lalu lintas, lanjut dia, adalah di sekitar objek wisata seperti di kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo serta jalan-jalan utama di pusat Kota Yogyakarta seperti Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Sudirman dan Jalan Diponegoro.

Dinas Perhubungan juga memperkirakan peningkatan kepadatan lalu lintas di ruas jalan yang menjadi akses utama wisatawan masuk ke Yogyakarta seperti Jalan Kusumanegara dan Jalan KH Ahmad Dahlan.

"Yogyakarta masih menjadi tujuan wisata yang menarik sehingga setiap ada hari libur atau libur yang cukup panjang, maka banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta sehingga kepadatan lalu lintas pun meningkat," katanya.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta kemudian mengimbau agar bus pariwisata yang masuk ke Yogyakarta memanfaatkan lokasi parkir yang sudah tersedia dan tidak parkir sembarangan di tepi jalan karena bisa meningkatkan hambatan lalu lintas.

Beberapa lokasi parkir yang bisa dimanfaatkan di antaranya Taman Parkir Abu Bakar Ali, Parkir Senopati dan Parkir Ngabean.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024