Bantul mendukung pameran teknologi tepat guna Pundong

id pemkab bantul

Bantul mendukung pameran teknologi tepat guna Pundong

Pemkab Bantul (Foto Antara / Mawarudin)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung pameran teknologi tepat guna yang digelar Kecamatan Pundong sebagai solusi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Pameran ini menjadi salah satu prioritas pembangunan kita di Bantul," kata Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat membuka pameran di Pundong Bantul, Rabu.

Pameran teknologi tepat guna tersebut digelar di halaman Rumah Produksi Miedes Desa Srihardono Pundong bersamaan dengan kegiatan Pundong Ekspo, Gelar Teknologi Pertanian, dan Olahan Pertanian se-Pundong mulai 9 sampai 11 Mei 2018.

Menurut dia, pemanfaatan teknologi tepat guna bidang pertanian dan pengolahan hasil pertanian ini diharapkan agar produktivitas masyarakat Bantul bisa terbantu dengan menggunakan teknologi yang murah dan ramah lingkungan ini.

"Sehingga apa yang dihadirkan di Kecamatan Pundong baik pelayanan yang semakin baik dengan inovasinya dan kreatifitas masyarakat ini terus menerus kita saksikan terjadi peningkatan dan perekonomian masyarakat Pundong," katanya.

Pihaknya berharap, dengan adaya sinergi antara masyarakat dengan pemerintah ini akan dapat ditingkatkan setahap demi setahap, sehingga cita-cita sebagai masyarakat Bantul akan terus semakin mendekati pada tujuannya.

Ia mengatakan, dan berkaitan dengan industri kuliner khas Pundong yaitu Miedesa, pihaknya memberikan apresiasi atas inovasi para pengusaha miedes, mengingat miedes ini telah dikenal sebagai salah satu kuliner khas di Pundong ini.

"Sehingga orang kalau mau mencari miedes ya datanglah ke Pundong, dengan demikian Pundong ini akan menjadi kecamatan yang memiliki potensi mulai dari pertanian sampai industri, pariwisata, termasuk kuliner yang khas ini," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pundong Suyamto mengatakan, kegiatan Pundong Ekspo, Gelar Teknologi Tepat Guna Pertanian dan Olahan Pertanian ini melibatkan gabungan kelompok tani (gapoktan), perajin se-Pundong yang dikoordinir Dekranasda.

"Tujuan Pundong Ekspo ini adalah untuk memperluas pangsa pasar produk-produk unggulan Kecamatan Pundong, baik kerajinan maupun produk olahan pertanian, serta produk makanan agar bisa pasar regional, nasional dan internasional," katanya.