Medsos bisa berdampak buruk terhadap psikologis remaja

id media sosial, pemicu stres, psikologis,remaja

Medsos bisa berdampak buruk terhadap psikologis remaja

Ilustrasi,komunikasi melalui media susial dengan menggunakan telepon pintar. dok ( ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama/17.)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Pakar Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Siswanto Agus Wilopo mengatakan tanpa disertai kemampuan menyaring informasi, media sosial bisa membawa dampak buruk pada psikologis remaja.

"Kalau terlalu banyak informasi yang masuk tapi tidak ada filter, ini salah satu hal yang bisa menjadikan stres," kata Siswanto dalam acara "Pre-Convention on Depression and Culture: The Untold Story" di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu.

Siswanto mengakui media sosial yang biasa diakses menggunakan gawai memiliki fungsi penting untuk menjaga hubungan sosial. Kendati demikian, selain aspek positif, media sosial juga menyimpan dampak negatif bagi penggunanya.

"Saat ini masing-masing individu tidak terlalu selektif dalam melihat informasi sehingga banyak sisi negatif yangdiserap oleh anak-anak sekarang," kata dia.

Menurut dia, salah satu sumber tekanan dari media sosial berkaitan dengan pemahaman remaja terhadap gambaran diri (body image). Saat ini banyak orang yang menjadikan konten-konten media sosial sebagai standar nilai sosial, khususnya yang berkaitan dengan penampilan.

Standar yang muncul dari media sosial tersebut, kata dia, sejatinya yang memicu tekanan pada remaja untuk memaksa menampilkan diri mereka sedemikian rupa sesuai dengan apa yang ia lihat di media sosial. Faktor itu pula yang membuat mereka kehilangan kepercayaan diri jika tidak mampu memenuhi standar tersebut.

Sementara itu, pakar psikologi klinis, Sofia Retnowati menjelaskan beberapa tanda depresi pada remaja antara lain perubahan dalam sikap dan perilaku, turunnya rasa percaya diri, serta adanya kesulitan untuk berkonsentrasi.

Selain media sosial, menurut dia, situasi sehari-hari yang dihadapi individu dapat menjadi pemicu stres.

Agar tidak berujung pada depresi, menurut dia, seseorang perlu menemukan cara untuk menghadapi pemicu tersebut dengan baik dan menciptakan kondisi yang baik bagi kesehatan mental, misalnya dengan berolahraga atau meningkatkan interaksi sosial.

"Saat ini orang bisa duduk bersama tapi sibuk dengan `gadget` mereka masing-masing, bukannya saling berinteraksi, padahal dukungan sosial ini yang perlu kita tingkatkan," kata dia.