Kuota elpiji bersubsidi Bantul naik dua persen

id elpiji

Kuota elpiji bersubsidi Bantul naik dua persen

Stok elpiji (Foto Antara)

Bantul (Antaranews Jogja) - Kuota elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tahun 2018 naik dua persen dibandingkan tahun 2017.

"Kuota kita setahun sekitar 9 juta tabung, jadi untuk tahun ini ada penambahan sekitar 180 ribu tabung gas," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi di Bantul, Kamis.

Menurut dia, kenaikan kuota elpiji tiga kilogram dua persen berdasarkan pertimbangan pertumbuhan rumah tangga pengguna elpiji di Bantul yang sudah dirasionalisasi, meskipun tidak sebesar yang diusulkan.

"Kalau kami sebenarnya mengajukan kenaikan 10 persen dengan asumsi hitungan berdasarkan tahun lalu dan pertumbuhan pertambahan rumah sesuai prediksi, tetapi menurut hitungan kasar saya dengan kuota sekitar 9.180.000 tabung sudah mencukupi," katanya.

Ia mengatakan, kuota elpiji 2018 yang ditambah dua persen itu sudah mencukupi kebutuhan jika tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan di lapangan, seperti rumah makan besar yang seharusnya tidak memakai elpiji tiga kilogram namun masih memakai.

"Di daerah lain banyak rumah makan besar punya tabung gas 12 kilogram, sedangkan untuk cadangan menggunakan elpiji yang tiga kilogram. Jadi kita perintahkan untuk operasi masuk ke dapur-dapur rumah makan," katanya.

Selain itu, kata dia, penggunaan elpiji tiga kilogram yang tidak tepat sasaran lainnya adalah pada peternakan ayam yang seharusnya menggunakan gas `melon` karena merupakan industri besar, sehingga perlu diawasi.

Subiyanta Hadi mengatakan, jika kuota 9.180.000 tabung elpiji itu tepat sasaran yang digunakan semua rumah tangga dan industri mikro yang telah diatur dalam ketentuan mencukupi, bahkan persediaan berlebih.

"Jadi karena banyak penyimpangan dan penggunaan yang tidak tepat sasaran itu salah satuya pemicu kelangkaan, kemudian distribusi elpiji yang merata di seluruh bulan, karena harusnya disesuaikan dengan kebutuhan bulan-bulan tertentu," katanya.