Pertamina Rewulu luncurkan program jaminan pangan masyarakat

id Pertamina Rewulu

Pertamina Rewulu luncurkan program jaminan pangan masyarakat

Operation Head Terminal BBM Rewulu Bambang Soepriono bersama Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meluncurkan Program CSR Jaminan Pangan Masyarakat (Foto Antara/Hery Sidik)
Oleh Heri Sidik

Bantul  (Antaranews Jogja) - PT Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak Rewulu Yogyakarta meluncurkan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berupa Jaminan Pangan Masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Program CSR PT Pertamina TBBM Rewulu ada delapan bidang, dan program Jaminan Pangan Masyarakat atau Japangmas ini salah satu program CSR di bidang pertanian," kata Operation Head Terminal BBM Rewulu Bambang Soepriono disela peluncuran di Bantul, Kamis.

Program tanggung jawab sosial perusahaan PT Pertamina TBBM Rewulu Yogyakarta itu diluncurkan di Rumah Produksi Beni Padi Kelompok Tani Boga Lestari Dusun Samben, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut dia, program Japangmas ini ada sinergitas dengan program yang lain, seperti program mandiri benih, program pengembangan kebun bibit tanaman sayur dan hortikultura serta program pembuatan pupuk organik bagi kelompok tani dan masyarakat.

"Ini memiliki tujuan untuk optimalkan proses usaha di bidang pertanian dari hulu ke hilir, diharapkan program ini bisa meningkatkan produksi benih padi yang bermitra dengan beberapa kelompok tani tersebut," kata Bambang.

Ia menjelaskan, dengan program ini pula di wilayah hulu yang berupa program pembuatan pupuk organik diharap bisa penuhi kebutuhan pupuk petani, sedangkan di hilir program Japangmas berupa pengelolaan panen dan distribusikan beras untuk masyarakat.

"Jadi program ini diharapkan mampu menciptakan masyarakat berdaulat beras sehingga masyarakat mampu memenuhi kebutuhan beras secara mandiri, sebab ini dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat dalam pengelolaannya," katanya.

Bambang mengatakan, dalam program ini pula Pertamina TBMM Rewulu bersama Joglo Tani mengelola program Japangmas yang langsung bermitra dengan petani kemudian mengolah gabah petani menjadi beras yang kemudian dijual ke petani dan masyarakat.

"Dan tentunya program ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun masyarakat, sehingga Japangmas diharap mampu menigkatkan kesejahteraan masyarakat dan petani yang mengelola," katanya.

Sementara itu, menurut dia, Program CSR PT Pertamina TBBM Rewulu telah menyasar di delapan dusun yang ada di DIY, di antaranya di Desa Argomulyo Sedayu dan empat dusun di Desa Balecatur Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman.

"Program ini memiliki delapan bidang di antaranya adalah pertanian, peternakan, perikanan, jamu tradisional, pengelolaan sampah mandiri, pengolahan jamu dan desa wisata," katanya.