Masyarakat diminta menjaga kestabilan keamanan

id wiranto

Masyarakat diminta menjaga kestabilan keamanan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto. (antaranews)

Bogor, Jabar (Antaranews Jogja) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta masyarakat bersama-sama menjaga kestabilan kondisi keamanan negara.

"Oleh karena itu negara mengajak rakyat bersama-sama melakukan misi itu. Jangan hanya dibebankan kepada aparat kepolisian dan TNI untuk mempertahankan kondisi aman dan stabil ini," ujar Wiranto usai jumpa pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis.

Wiranto mengingatkan masyarakat bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam menjaga keamanan dan membela negara.

Aparat keamanan dari Polri dan TNI, menurut Wiranto, telah melakukan tugasnya dalam menjaga keamanan.

"Dalam rangka melindungi tidak hanya 'event-event' penting tetapi sepanjang tahun perlindungan itu diberikan kepada seluruh warga negara, bahkan tumpah darah Indoensia," ujar Wiranto.

Menko Polhukam menjelaskan hal itu terkait penjagaan keamanan menjelang perhelatan olahraga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Wiranto juga menjelaskan perlunya perbaikan-perbaikan administrasi dan aturan-aturan mengenai penahanan serta rumah tahanan bagi pelaku teror.

Dia menyoroti perlunya pengawasan kepada rutan atau lapas yang kelebihan kapasitas tahanan serta perlakuan khusus kepada para narapidana tindak terorisme.

Hal itu diungkapkan Wiranto terkait insiden keributan yang terjadi di rutan Mako Brimob, Depok yang menyebabkan lima personel Polri gugur. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024