Pasar Beringharjo selama Puasa tetap buka hingga malam

id pasar beringharjo

Pembeli berjubel di Pasar Beringharjo untuk mencari produk batik yang mereka inginkan (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pasar tradisional terbesar di Kota Yogyakarta, Pasar Beringharjo, khususnya sisi barat yang menjual baju dan aksesoris, dipastikan tetap beroperasi hingga malam hari selama Ramadhan.

"Pasar tetap akan buka malam seperti yang sudah berjalan selama ini. Justru ini adalah kesempatan yang baik bagi pedagang," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, akan terjadi pergeseran pola konsumen yang datang ke Pasar Beringharjo selama Bulan Puasa didasarkan pada kecenderungan yang terjadi setiap tahun selama puasa hingga libur Lebaran.

Pada dua pekan pertama Bulan Puasa, kata dia, keramaian di Pasar Beringharjo akan terjadi di sisi timur atau tempat penjualan bahan kebutuhan pokok, dan kemudian baru bergeser ke sisi barat sejak pertengahan puasa hingga libur Lebaran.

"Saat pertengahan puasa tersebut, akan ada peningkatan konsumen yang datang ke Beringharjo sisi barat untuk membeli kebutuhan Idul Fitri seperti pakaian dan berlanjut saat libur Lebaran saat banyak wisatawan berkunjung ke Malioboro dan Beringharjo," kata Maryustion.

Sejak diuji coba pada April, katanya, tingkat kunjungan saat Beringharjo buka malam cukup bagus, yaitu 1.000 hingga 2.000 orang saat hari biasa dan meningkat hingga dua kali lipat saat akhir pekan.

Meskipun jumlah kunjungan saat Beringharjo buka malam cukup bagus, Maryustion memastikan akan terus melakukan evaluasi, mulai dari jumlah pengunjung yang datang maupun jumlah pedagang yang buka saat malam hari.

Ia menyebut tidak memaksa pedagang untuk buka sampai malam hari namun ajakan untuk buka sampai malam hari terus dilakukan untuk mendukung atraksi wisata malam di Yogyakarta.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi juga berkeinginan agar pedagang di Pasar Beringharjo sisi barat tetap buka hingga malam hari saat Bulan Puasa.

"Dari data kunjungan yang saya terima, jumlah pengunjung saat malam hari terhitung dari pukul 17.00 hingga 21.00 WIB cukup bagus," katanya.

Ia menyebut operasional Beringharjo saat malam hari bisa mendukung tambahan atraksi wisata di Yogyakarta saat malam hari.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar