Tol fungsional Batang-Semarang akan memberlakukan pindah jalur

id jalan tol

Tol fungsional Batang-Semarang akan memberlakukan pindah jalur

ilustrasi (antaranews.com)

Semarang (Antaranews Jogja) - Jalan tol ruas Batang-Semarang yang rencananya digunakan secara fungsional pada Lebaran 2018 akan memberlakukan sistem pindah jalur di empat titik akibat ada lahan yang belum dibebaskan.

Pantauan Antara di lapangan, Sabtu, keempat titik pindah jalur itu yaitu pertama di Km 426 dari jalur A ke jalur B karena ada masjid di Desa Margo Mulya yang belum dipindah.

Kedua, pindah dari jalur B kembali ke jalur A di Simpang Susun (SS) Kendal karena ada bagian yang belum diurug tanahnya.

Ketiga, kembali ke jalur B di Km 445 karena ada lahan yang belum bebas, dan terakhir di Km 447 berpindah dari jalur B ke sebelah kiri jalur A untuk menghindari Makam Honggowongso di Ngalian setelah itu kembali ke jalur A.

Sampai saat ini progres pelapisan dari jalan "rigid" ke jalan "lean concrete" dan penimbunan jalan masih terus dikebut.

Dari panjang Tol Batang-Semarang 75 kilometer sudah sekitar 60 kilometer yang sudah dilapisi "lean concrete" dan sisanya masih konstruksi jalan "rigid  pavement" dan tanah.

Demikian juga pekerjaan ruas Tol Pemalang-Batang dengan panjang total 39,2 kilometer juga mengalami percepatan pada Seksi 1 Pemalang-Pekalongan sepanjang 10 kilometer yang merupakan titik kritis karena belum tersambung menjadi jalan "lean concrete".

Sekitar lima kilometer masih "rigid pavement" dan masih dilakukan penimbunan tanah.

Kontraktor melakukan percepatan  penimbunan tanah dari semula 5.000 meter kubik per hari, menjadi 25.000 meter kubik per hari. Ruas yang sudah selesai ditimbun dilanjutkan dengan penghamparan batu agregat setelah dilapis beton.

Pekerjaan penimbunan tanah terkadang terkendala jika hujan turun karena sebagian jalan masuk truk tanah masih menggunakan jalan darurat di sisi jalur tol. Truk tidak bisa melaju cepat di jalan darurat yang becek.

Jalan tol fungsional Batang-Semarang akan dilengkapi empat tempat istirahat di Km 389, Km 407, Km 418 dan Km 420 serta tiga kantong parkir di Km 381, Km 401, dan Km 442.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis jalan tol fungsional Pemalang-Semarang akan bisa digunakan saat mudik dan balik Lebaran 2018.

"Tidak seperti tahun 2017 lalu, yang masih ada menggunakan jalur darurat. Mudik tahun ini kami pastikan tidak ada lagi jalur darurat," kata Basuki pada 14 April 2018.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024