PT TWC dorong pengembangan Joglosemar

id prambanan

PT TWC dorong pengembangan Joglosemar

Ilustrasi. Candi Prambanan. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Semarang (Antaranews Jogja) - PT Taman Wisata (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko berkomitmen untuk mendorong pengembangan destinasi wisata di wilayah Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar) dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah setempat.

"Kami berkomitmen untuk mendukung perkembangan pariwisata di Joglosemar dengan mengangkat destinasi-destinasi potensial yang ada di wilayah setempat," kata Sekretaris Perusahaan PT TWC Brobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Ahmad Muchlis, pada Pers Gathering di Semarang, Minggu.

Menurut dia, upaya ini sebagai dukungan merealisasikan target pemerintah yang mencanangkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta orang.

"Kami di wilayah Jawa Tengah mendapat jatah untuk dapat menarik kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 10 persen dari target nasional yakni sebanyak dua juta kunjungan wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, beberapa objek wisata yang sedang didorong untuk menarik kunjungan wisatawan, meliputi destinasi De Tjolomadoe yang merupakan bangunan bekas pabrik gula di Colomadu, Solo.

"De Tjolomadoe yang mulai direvitalisasi sejak 2017 saat ini terus digenjot agar semakin menarik kunjungan wisatawan dengan konsep wisata museum yang dipadukan dengan kuliner, kafe, tempat pertunjukan/konser dan berbagai potensi lainnya," katanya.

Ahmad Muchlis mengatakan, selain itu juga objek-objek wisata lain di Jawa Tengah, seperti Lawang Sewu Semarang, Pelabuhan Tanjung Mas, Kawasan Wisata di Dieng Banjarnegara, dan lainnya.

"Sementara untuk wilayah Yogyakarta, kami juga mendukung destinasi yang potensial, seperti di Candi Sambisari dan Taman Tebing Breksi," katanya lagi.

Ia mengatakan, pihaknya juga sedang menyiapkan shelter bus yang menghubungkan antara Candi Prambanan dengan Candi Sambisari untuk lebih meningkatkan kunjungan wisatawan pada destinasi tersebut.

"Kami juga mensuport berbagai event wisata di Taman Tebing Breksi di Prambanan. Banyak event wisata dan budaya yang diselenggarakan, sehingga menarik kunjungan wisatawan," katanya pula.



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024