Sejarah harus menginspirasi generasi muda

id mensos idrus marham

Sejarah harus menginspirasi generasi muda

Menteri Sosial RI Idrus Marham (kedua kiri) . ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.

Bantul (Antaranews Jogja) - Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan peristiwa sejarah di Tanah Air jangan dilihat dari kronologi, tetapi sebagai masa depan yang menginspirasi dan memotivasi generasi muda.

"Karena acara ini dilakukan terkait berbagai peristiwa sejarah, jadi saya katakan bahwa sejarah itu bukan hanya dilihat kronologi," kata dia usai melepas peserta Patriot Run di Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Minggu pagi.

Kegiatan Patriot Run yang diikuti ribuan peserta dari kalangan anak muda tersebut melewati rute-rute sejarah di wilayah Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta kurang lebih enam kilometer.

"Tanggal 1 seperti apa, tanggal 2, dan tanggal 17 bukan itu yang penting, tetapi sejarah itu kita lihat sebagai masa depan, karena itu sejarah harus inspirasi dan motivasi generasi muda sekarang, apalagi diadakan di kampus," kata Idrus.

Dengan demikian, menurut Mensos, bagaimana semua pihak agar melihat masalah yang ada itu dalam perspektif yang lebih rasional, lebih logis, dan melahirkan pikiran-pikiran yang ada.

"Ada sejarah di sini dilakukan dengan secara lari, ada tema Patriot Run dan ada kampus, artinya bahwa seluruh semangat masa lalu yang disampaikan para pelaku sejarah sebagai pejuang-pejuang harus diakselerasi menjadi inspirasi kita bersama," katanya.

Mensos menambahkan, para pejuang sejarah itu juga harus dilihat secara rasional dan secara objektif agar kemudian menjadi contoh teladan bagi generasi sekarang maupun dan yang akan datang.

Anggota DPR RI Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto) yang pada kesempatan itu mendampingi Mensos, mengatakan, acara Patriot Run bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme generasi mudah.

"Rasa nasionalisme dan patriotisme sekarang ini sudah mulai luntur, jadi semua eleman masyarakat kita undang untuk ikuti Patriot Run yang melewati rute-rute sejarah di Sedayu, sehingga tahu apa yang sudah dilakukan para pendahulu," katanya.



(