DIY belum akan datangkan bawang kebutuhan Lebaran

id Bawang merah

DIY belum akan datangkan bawang kebutuhan Lebaran

Ilustrasi petani panen bawang merah (Foto antarafoto.com)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta belum akan mendatangkan bawang merah dari luar provinsi untuk memenuhi kebutuhan komoditas pangan itu menghadapi hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Untuk bawang merah belum akan mendatangkan dari luar karena di beberapa daerah di DIY (petani) sudah akan panen menjelang Lebaran," kata Kepala Dinas Pertanian DIY Sasongko di Kabupaten Bantul, Selasa.

Menurut dia, di wilayah DIY terutama sentra-sentra pertanian bawang merah saat ini sudah ada yang panen, namun belum panen raya pada. Tetapi jelang Lebaran nanti panen raya bawang merah diperkirakan seluas 3.000 hektare.

Ia menjelaskan dari hasil panen bawang merah petani DIY nanti diharapkan mencukupi kebutuhan permintaan komoditas strategis tersebut, meski tidak menutup kemungkinan juga dikirim ke pengepul luar daerah.

"Produksi bawang DIY banyak dinginkan luar DIT, makanya kita lihat nanti, kita berupaya jangan sampai nanti masyarakat kekurangan, sehingga kita siapkan produk semaksimal mungkin untuk memenuhi masyarakat DIY," katanya.

Sasongko juga mengatakan, untuk bawang merah di sebagian wilayah DIY saat ini sebagian petani persiapan benih untuk menanam bawang merah, setelah sebelumnya mengalami panen dan hasilnya dibawa ke luar daerah.

"Bawang merah saat ini ada yang persiapan benih, tapi tidak masalah, karena pada waktu panen kita kirim ke luar daerah, mungkin saatnya narik kembali yang di luar daerah," katanya.

Sedangkan untuk komoditas cabai, kata dia, saat ini sebagian petani sudah mulai panen, seperti di wilayah selatan Kabupaten Bantul, bahkan belum lama ini pihaknya diundang untuk menghadiri panen raya di Kulon Progo.

"Namun kita tetap mengimbau masyarakat menjelang Ramadhan kemudian Lebaran jangan sampai membeli bahan pokok secara berlebihan, karena ini terus terjadi, takutnya memicu harga naik. Jadi beli secara wajar sesuai kebutuhan," katanya.



(T.KR-HRI) 15-05-2018 07:16:51


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024