BI Perwakilan DIY siapkan uang RP5,5 triliun

id Bi

BI Perwakilan DIY siapkan uang RP5,5 triliun

Petugas mengangkut tumpukan uang kertas pada bagian pelayanan kas Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) (ANTARA FOTO/Moch Asim/ama/17)

Yogyakarta (Antaranews jogja) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY menyiapkan kebutuhan uang kartal untuk Ramadhan dan Lebaran sebesar Rp5,5 triliun.

"Kami sudah siap menghadapi Ramadhan dan Lebaran untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal di setiap pecahan, dari yang nilainya kecil sampai besar," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY Budi Hanoto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, total uang kartal yang disiapkan tersebut didasarkan pada estimasi dari setiap bank yang ada di DIY untuk memenuhi berbagai kebutuhan, di antaranya pengisian ATM, kebutuhan nasabah untuk bisnis sampai kondisi kas milik bank.

Jika dihitung sejak April, maka nilai uang yang disiapkan untuk menghadapi Ramadhan dan Lebaran di DIY bisa mencapai Rp7,9 triliun.

"Nilai tersebut juga bisa menjadi estimasi terkait perputaran uang yang ada di DIY selama Ramadhan dan Lebaran," kata Budi.

Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti memperkirakan terjadi kenalkan perputaran uang selama libur Lebaran karena jumlah wisatawan yang akan berkunjung di Yogyakarta bisa lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kondisi tersebut disebabkan bertambah panjangnya jadwal cuti bersama Lebaran dari 11 Juni sampai 20 Juni.

"Bisa saja wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta mencapai lebih dari empat juta orang," katanya.

Namun demikian, ia berharap wisatawan bisa datang secara bertahap karena jadwal cuti bersama Lebaran cukup panjang sehingga tidak terjebak kepadatan lalu lintas.

Untuk masyarakat, Haryadi mengingatkan agar selalu menjaga pola konsumsi sesuai kebutuhan sehingga harga bahan kebutuhan tidak mengalami kenaikan signifikan.

"Berbelanja sesuai kebutuhan saja. Tidak usah berlebih-lebihan sehingga harga bahan kebutuhan pokok terjaga. Pedagang pun jangan punya pemikiran menaikkan harga karena sedang Lebaran," katanya.



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024