Jogja Bay mendukung pelestarian tradisi "padusan"

id jogja bay

Jogja Bay mendukung pelestarian tradisi "padusan"

Jogja Bay. (Foto jogja.antaranews.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Wahana Wisata Jogja Bay Waterpark mendukung pelestarian tradisi "Padusan" atau tradisi memandikan diri menjelang datangnya bulan suci Ramadhan melalui program Padusan Rame-Rame di wahana petualangan air terbesar di Yogyakarta itu.

"Kami menawarkan opsi bagi masyarakat yang ingin melakukan tradisi padusan secara aman dan menyenangkan di Jogja Bay," kata Public Relation Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark, Medha Zeli Elsita di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Medha, Padusan adalah tradisi yang diyakini kuat oleh masyarakat Jawa sebagai ritual untuk dapat menyucikan diri dengan cara mandi di sumber-sumber air yang ada, satu hari menjelang Bulan Ramadhan. Masyarakat akan beramai-ramai mandi dan berendam karena kepercayaan air dapat menyucikan diri sebelum masuk ke bulan puasa.

Selain itu, Padusan juga menjadi salah satu momentum berkumpul bersama keluarga, teman, atau orang-orang terdekat untuk dapat `menyegarkan diri` bersama-sama.

Namun demikian, menurut dia, perlu disadari bahwa akses menuju sumber air yang dianggap dapat menyucikan terkadang menyulitkan masyarakat yang hendak menuju kesana baik dari sisi transportasi maupun faktor keamanan.

"Sehingga kami yakin petualangan air berkarakter, terbesar, dan terlengkap di Indonesia seluas 7,7 hektare ini bisa menjadi salah satu destinasi wajib dan terbaik untuk Padusan," kata dia.

Oleh sebab itu, Medha mengatakan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan yang bertepatan dengan event Padusan, melalui Padusan Rame-Rame yang berlangsung 14-16 Mei 2018 Jogja Bay Waterpark memberikan harga tiket masuk spesial Rp50.000 per orang dari harga normal akhir pekan yang mencapai Rp 90.000 per orang.

Di saat destinasi wisata lain justru menaikkan tarif masuk, kami justru menurunkan tarif hampir mencapai 50 persen," kata dia.

Selain menurunkan harga tiket masuk, lanjut dia, penyanyi seperti Uut Selly, NDX, serta hiburan musik angklung juga didatangkan untuk memeriahkan event Padusan Rame-Rame di wahana wisata air yang berlokasi di sebelah utara Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman itu. "Khusus untuk panggung hiburan memang senagaja kami tempatkan di depan wahana `South Beach`, karena wahana ini salah satu wahana favorit dibanding 19 wahana lainnya," kata dia.



(