Sean Gelael kembali dipercaya menggeber kendaraan Toro Rosso

id sean

Sean Gelael kembali dipercaya menggeber kendaraan Toro Rosso

Sean Gelael (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Pebalap Indonesia, Sean Gelael, kembali dipercaya menggeber kendaraan milik tim Formula 1 Toro Rosso yaitu STR 13 yang tahun ini menggunakan mesin Honda pada uji coba resmi di Sirkuit Barcelona, Spanyol, Rabu.

Berdasarkan data yang diterima media dari manajemen Sean Gelael di Jakarta, pebalap berusia 21 tahun ini turun pada sesi pagi menjadi pebalap pertama yang keluar dari pit. Hal ini memberi Sean kesempatan maksimal untuk menggeber STR13.

Anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael ini melahap  83 laps dengan catatan waktu 1 menit 20.763 detik. Pebalap Prema Pertamina Theodore Racing itu menempati posisi ke-11 dari 12 pebalap yang mengikuti tes sesi pagi. Hasil Sean langsung diapresiasi bos Tim Toro Rosso, Franz Tost.

"Saya puas dengan performa dia selama tes. Sean memberikan input yang positif bagi tim  guna pengembangan mobil ke arah yang lebih bagus. Ini bisa dilihat dari catatan waktu yang ditorehkan Sean lebih baik dari kemarin dan masalah elektronik issue bisa diatasi," kata Franz Tost dalam keterangan resminya.

Pada sesi tes pagi yang menjadi fokus Sean bukanlah kecepatan tetapi mengetes beberapa komponen mobil. Pebalap yang di dukung Jagonya Ayam KFC Indonesia itu menggunakan ban supersoft dan soft untuk melihat kinerja aerodinamika, suspense dan reliability mobil.  
   
"Tes hari ini lebih baik dari hari sebelumnya. Saya cukup puas dengan kinerja mobil hari ini. Kami menguji beberapa komponen mobil, sayang memang saya tidak bisa menjalani tes dengan penuh, padahal ini kesempatan bagus," kata Sean Gelael.

Setelah menyelesaikan sesi latihan pagi, Sean langsung melakukan evaluasi dan hasil tes kendaraan Formula 1 Toro Rosso merupakan pebalajaran bagi dirinya yang saat ini berlaga di Formula 2. Untuk sesi sore, giliran pebalap Toro Rosso, Pierre Gasly yang melakukan uji coba.

STR13 pada musim ini memakai mesin Honda. Honda diyakini belum membawa upgrade mesin mereka di Barcelona. Ini berarti pabrikan asal Jepang tersebut masih memakai mesin dengan spesifikasi yang sama seperti di awal musim. Mesin yang baru dijadwalkan baru akan datang di Montreal, Kanada, atau bisa diundur lagi ke ronde berikutnya di Paul Ricard, Perancis.

Sementara itu, Pebalap Mercedes Valteri Bottas menjadi pebalap tercepat di sesi pagi dengan catatan waktu 1 menit 16,904, unggul tipis 0.068 detik atas Antonio Giovinazzi yang hari ini menggunakan mobil Ferrari ditempat kedua. Sedangkan Kevin Magnussen yang membawa mobil VF-18 ke urutan ketiga, disusul Lando Norris ditempat kempat. Melengkapi lima besar ada Jack Aiteken yang melakukan tes F1 debutnya bersama Renault.

Berikut hasil tes pagi:

1. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Motorsport 1m16.904s (80 laps)
2. Antonio Giovinazzi ITA Scuderia Ferrari + 0.068s (74)
3. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team + 1.370s (62)
4. Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 1.923s (55) 
5. Jack Aitken GBR Renault Sport Formula One Team + 2.038s (72)
6. Charles Leclerc MON Alfa Romeo Sauber F1 Team + 2.089s (89)
7. Nikita Mazepin RUS Sahara Force India F1 Team + 2.262s (60)
8. Robert Kubica POL Williams Martini Racing + 2.349s (77)
9. Stoffel Vandoorne BEL McLaren F1 Team + 3.010s (84)
10. Jake Dennis GBR Aston Martin Red Bull Racing + 3.780s (38)
11. Sean Gelael IDN Red Bull Toro Rosso Honda + 3.859s (83)
12. Nicholas Latifi CAN Sahara Force India F1 Team + 4.529s (75)
13. Pierre Gasly FRA Red Bull Toro Rosso Honda (sesi sore).
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024