Dunia akui ekonomi kerakyatan berdikari Kulon Progo

id hasto wardoyo

Dunia akui ekonomi kerakyatan berdikari Kulon Progo

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hasto Wardoyo mengaku bangga program ekonomi kerakyatan berdikari yang digelorakannya diakui dunia.

"Kami bersyukur, membesarkan hati, dan semangat kami bahwa mengembangkan hal-hal yang kecil dihargai dunia, seperti kami menghidupkan usaha mikro, kecil, dan, menengah (UMKM), bela beli Kulon Progo, dan kita memiliki karya sendiri toko modern milik rakyat," katanya di Kulon Progo, Kamis.

Program ekonomi kerakyatan tersebut mengantarkan dirinya berbicara di depan forum pertemuan International Council for Small Business (ICSB) tentang masa depan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM/MSME`s) dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG`s) dari Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) mewakili Asia.

Dalam pertemuan yang berlangsung di markas PBB di New York, Amerika Serikat, 12 Mei 2018 itu, Hasto tampil bersama beberapa wali kota dari negara lain.

Hasto sendiri diundang ke forum itu karena sebelumnya telah memenangkan Natamukti Awards yang digelar oleh ICSB Indonesia didukung Kementerian Koperasi dan UKM.

Politikus PDI Perjuangan itu juga pernah mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Entrepeneurial yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia (APKASI) bersama Markplus, Inc pada 2017.

Selanjutnya, dalam forum ICSB di New York itu, Hasto dilantik sebagai anggota kehormatan.

Hasto Wardoyo mengatakan bagi mereka, toko modern milik rakyat (Tomira) memiliki nilai humanisme tinggi. Kalau dahulu, bisnis kecil dan bisnis menengah mementingkan besarnya kapital, akan tetapi sekarang tidak.

"Mereka bilang, Kulon Progo memberikan nilai-nilai. Nilai itu memperhatikan pelaku UKM dari sisi kemanusiaan. Itu nilai-nilai, karena pergeseran bisnis dari nilai ke nilai-nilai. Untuk itu, kami kami membawa tema `human entrepreneurship model`," kata Hasto.

Hasto mengatakan "human enterpleanuership" model terdapat koperasi, gotong royong, bela beli Kulon Progo.

Ketika Bulog membeli beras gabungan kelompok tani (gapoktan), katanya, hal itu bukan sekadar nilai, akan tetapi nilai-nilai.

"Mereka mengapreasi kinerja kami, karena kami mengedepankan nilai. Kita tahu, pemerintahan lama mengedepankan administratif, sekarang model pemerintahan penilain publik. Bukan kesejahteraan yang menjadi tujuan, tapi kebahagiaan," katanya.