Dishub fokuskan pengaturan jalur wisata ke Mangunan

id mangunan

Dishub fokuskan pengaturan jalur wisata ke Mangunan

Desa Wisata Mangunan Dlingo Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memfokuskan pengaturan jalur ke daerah wisata Mangunan, Dlingo, selama liburan Lebaran 2018.

"Persiapan Dishub Bantul terkait dangan menghadapi libur Lebaran 2018 hampir sama dengan tahun lalu, cuma perbedaan sedikit di sini terkait dengan lokasi jalur wisata yang ada di Dlingo," kata Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Kamis.

Menurut dia, fokus pengaturan jalur ke arah Mangunan Dlingo karena selama liburan Lebaran nanti di sejumlah objek wisata di Mangunan bakal ramai dikunjungi sehingga jalur-jalur ke arah Mangunan dipadati arus wisatawan.

Aris Suharyanto menyebutkan ada tiga ruas jalur menuju kawasan wisata Mangunan Dlingo. Namun, ada satu ruas (jalur Cinomati yang berada di daerah perbatasan Kecamatan Pleret dan Kecamatan Dlingo) yang tidak direkomendasikan dilalui wisatawan.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres (Kepolisian Resor) Bantul terkait dengan jalur di Cinomati itu. Pihaknya mengimbau wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat maupun bus wisatawan untuk tidak melewati jalur tersebut.

Terkait dengan hal itu, Dishub Bantul bersama Polres akan membuat posko di jalur Cinomati.

"Karena memang di arus mudik ini jalur Cinomati itu dalam maps termasuk jalur alternatif. Meskipun demikian, bagi pengguna jalan yang bukan domisili di sana, tentu tidak menguasai medan sehingga sangat membahayakan," katanya.

Akan tetapi, kata Aris, bagi penduduk setempat yang sudah terbiasa lewat Cinomati sudah paham kondisi medan jalan yang sangat menanjak dan berbelok yang di tepi terdapat jurang. Di samping itu, lebar jalan juga kurang memadai untuk kendaraan besar.

"Nanti dari Polres mengimbau wisatawan yang akan akan naik untuk tidak melanjutkan. Mereka diminta lewat Imogiri, naik ke Mangunan. Kalau itu kendaraan yang kecil," kata Aris.

Walaupun demikian, katanya lagi, kalau terpaksa ada bus besar yang mau naik menuju ke Dlingo, petugas akan mengarahkannya melewati Pathuk atau dari Jalan Wonosari Piyungan naik sampai simpang tiga Pathuk ke selatan.