Masjid Gedhe siapkan 1.600 nasi bungkus setiap hari

id Buka puasa,Masjid gedhe

Buka Puasa Bersama (Foto ANTARA)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pengurus Takmir Masjid Gadhe Kauman Yogyakarta menyiapkan takjil berupa 1.600 nasi bungkus setiap harinya bagi jamaah yang berbuka puasa selama Ramadhan 1439 Hijriah.

"Untuk Ramadhan tahun ini kami akan membagikan per hari rata-rata 1.600 bungkus, jumlahnya akan terus kami sesuaikan dengan masyarakat yang datang," kata Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, Azman Latif, di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Azman, aneka menu yang disajikan untuk berbuka adalah makanan khas Yogyakarta, seperti sup, opor ayam, asem-asem, hingga gulai kambing.

"Lauk selalu berganti setiap harinya. Kebanyakan yang disukai adalah gulai kambing," kata dia.

Ia mengatakan penyediaan seribuan nasi bungkus gratis khususnya gulai kambing setiap Bulan Ramadhan telah dimulai tahun 1900-an yang digagas oleh Persyarikatan Muhammadiah. "Kira-kira sudah berlangsung 100 tahunan," kata dia.

Menurut Azman, seluruh dana pembelian takjil berasal dari sumbangan atau infaq masyarakat yang diberikan kepada takmir dalam bentuk uang. Selanjutnya pengurus takmir yang memesankan makanan dengan menu seragam kepada pihak ketiga.

"Kami beli dari pihak ketiga Rp11.000 per bungkusnya," kata dia.

Azman mengatakan selain menyediakan makanan berbuka secara gratis, takmir Masjid Gedhe juga menjadwalkan acara ceramah para tokoh publik di DIY menjelang waktu berbuka. Acara itu sekaligus menjadi forum dialog antara para tokoh dan masyarakat.

"Selain sebagai sarana menyantuni para musafir atau orang-orang yang membutuhkan, juga sebagai sarana kajian dan komunikasi yang akan diisi oleh para tokoh seperti Kapolda DIY serta Ketua DPRD DIY," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar