Dishub Bantul pastikan kesiapan prasarana lalu lintas

id Rambu lalu lintas

Dishub Bantul pastikan kesiapan prasarana lalu lintas

Ilustrasi (Foto ANTARA/Eka Ariffa)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan kesiapan sarana dan prasarana lalu lintas pada ruas-ruas jalan di daerah ini menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

"Kami telah melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan pada jalur utama maupun alternatif, semua dalam kondisi siap," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Jumat.

Prasarana lalu lintas itu antara lain rambu-rambu lalu lintas yang meliputi rambu pendahulu penunjuk jalan (RPPJ) dan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), kemudian marka jalan dan alat pengendali dan pengaman jalan.

Ia menjelaskan, meski sarana dan prasarana lalu lintas siap dan berfungsi dengan baik, pihaknya akan menerjunkan personel lapangan untuk memantau dan melakukan perbaikan terutama APILL jika terjadi kerusakan.

"Perbaikan atas kerusakan APILL siaga selama 24 jam, kemudian perbaiukan atas kerusakan LPJU (lampu penerangan jalan umum) se-Bantul selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 juga siaga 24 jam," katanya.

Aris mengatakan, selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik 2018 juga akan disediakan alat bantu rekayasa lalu lintas sementara yang akan ditempatkan di jalur utama dan jalur alternatif apabila terjadi kepadatan arus kendaraan.

"Untuk alat bantu rekayasa lalu lintas kita sediakan water barier sebanyak 80 buah dan traffic cone 300 buah, kemudian 40 buah rambu portabel petunjuk arah," katanya.

Aris menjelaskan, selama penyelenggaran aruus mudik dan bali Lebaran, Dishub juga mempersiapkan jalur utama maupun jalur alternatif di Bantul dan melakukan pemantauan pada titik rawan kemacetan di wilayah Bantul.

Sedangkan pemantauan pada ruas jalan wisata, kata dia, dilakukan di sejumlah titik menuju kawasan wisata seperti di wisata Parangtritis, Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus di Dlingo dan Bukit Bintang di Piyungan.



(T.KR-HRI) 18-05-2018 06:50:24


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024