Sekolah diminta tetap lakukan kegiatan usai PAT

id Un smp

Ilustrasi siswi SMP sedang mengerjakan soal UN (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta meminta seluruh sekolah dari jenjang Taman Kanak-Kanak hingga SMP negeri maupun swasta di Kota Yogyakarta untuk tetap melaksanakan kegiatan usai penilaian akhir tahun berakhir.

"Kami sudah sampaikan surat edaran ke seluruh sekolah di Kota Yogyakarta agar tetap melaksanakan kegiatan meskipun penilaian akhir tahun (PAT) atau ujian semester sudah berakhir," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Kamis.

Dalam surat edaran yang disampaikan pertengahan Mei tersebut, berbagai kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh sekolah setelah ujian semester berakhir perlu lebih ditekankan pada pembinaan keagamaan.

Edy menyebut, pembinaan keagamaan tidak hanya dikhususkan untuk siswa muslim saja karena saat ini bertepatan dengan Ramadhan, namun juga dilaksanakan untuk siswa yang memeluk ajaran agama lainnya.

"Bisa dilakukan pesantren kilat untuk siswa muslim atau retret untuk siswa yang nasrani dan kegiatan keagamaan lain yang disesuaikan dengan agama masing-masing. Ini adalah bagian dari pendidikan karakter," kata Edy.

Sedangkan untuk sekolah swasta yang diselenggarakan oleh yayasan bukan muslim diminta dapat melaksanakan kegiatan penguatan pendidikan karakter dalam bentuk program yang disesuaikan dengan ciri khas yayasan.

Pekan ini, seluruh sekolah di Kota Yogyakarta tengah menyelenggarakan penilaian akhir semester yang sudah dimulai sejak Senin (21/5). "Karena penilaian dilakukan bertepatan dengan Ramadhan, maka setiap sekolah diminta agar pelaksanaan PAT maupun ibadah puasa bisa berjalan dengan baik," katanya.

Sedangkan penerimaan laporan hasil belajar atau rapor untuk siswa direncanakan dilakukan serentak pada 8 Juni.

Sementara itu, pengumuman hasil ujian nasional SMP di Kota Yogyakarta akan disesuaikan dengan keputusan nasional yaitu dilakukan pada Jumat (25/5).

"Rencana awal, pengumuman UN dilakukan Rabu (23/5), sekaligus pengumuman kelulusan," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar