Polda DIY fokus pengamanan jalur utama mudik

id Kapolda DIY,Mudik ,Polda DIY

Polda DIY fokus pengamanan jalur utama mudik

Kapolda D.I.Yogyakarta Brigjen Pol. Ahmad Dhofiri (jogja.antaranews.com)

Bantul (Antaranews Jogja) - Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Polisi Ahmad Dhofiri mengatakan pihaknya akan memfokuskan pengamanan di jalur utama mudik di provinsi ini menjelang Lebaran 2018.

"Untuk Lebaran 2018, satu minggu yang lalu kita sudah rapat Forkompinda dengan Gubernur DIY. Rapat terkait persiapan jalur utama untuk arus mudik," kata Kapolda DIY usai buka puasa bersama di Markas Polres Bantul, Rabu petang.

Menurut Kapolda DIY, di wilayah DIY yang meliputi empat kabupaten dan satu kota ini mempunyai empat jalur utama mudik, di antaranya Jalan Wates Sedayu, Jalan Wonosari Piyungan, Jalan Solo, dan Jalan Magelang Sleman.

Di empat jalur utama mudik Lebaran itu akan ditempatkan pos pengamanan (pospam) lengkap dengan personel kepolisian guna mengatur dan mengendalikan arus lalu lintas yang diprediksi volume kendaraan akan meningkat.

"Kita punya empat jalur utama, kemudian ada jalur cadangan yang kemudian juga kita persiapkan, kemudian yang lain terkait dengan pos-pos pengamanan dan pos pelayanan," kata Kapolda DIY.

Kapolda mengatakan, dalam pengamanan jalur mudik dan ruas jalan yang dimungkinkan dilalui kendaraan pemudik, Polda DIY melibatkan segenap unsur terkait yang terlibat untuk melakukan pengamanan secara terpadu.

"Ada dari TNI, kemudian pemerintah daerah, Dines Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan, ormas (organisasi kemasyarakatan) termasuk Pramuka, nanti bergabung dalam pos pengamanan menjadi satu," kata Kapolda.

Kapolda mengatakan, pengamanan jalur difokuskan pada ruas atau titik-titik jalan yang rawan kecelakaan maupun kemacetan lalu lintas, seperti yang di Bantul itu jalur Cinomati atau jalur wisata ke Mangunan Dlingo.

"Kemudian sepanjang Dlingo yang hutan Pinus itu yang jadi fokus perhatian kita, karena kalau di Yogyakarta ini sebenarnya fokusnya setelah Lebaran yaitu pada saat pengamanan di jalur wisata, itu yang jadi fokus perhatian kita," katanya.

(T.KR-HRI)