Luis Milla berharap pemain senior beradaptasi dengan U-23

id milla

Luis Milla berharap pemain senior beradaptasi dengan U-23

Luis Milla (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Luis Milla berharap para pemain senior yang dipanggil untuk laga uji coba melawan Thailand pada Kamis (31/5) dan Minggu (3/6), sebagai persiapan jelang Asian Games 2018, bisa segera beradaptasi dengan skuatnya.

"Saya berharap mereka beradaptasi dan berkompetisi dengan pemain timnas U-23. Ini menjadi tantangan karena pemain timnas U-23 sudah bersama-sama sejak beberapa lama dan telah mengenal satu sama lain," ujar Milla dalam konferensi pers pra-laga melawan Thailand di Jakarta, Rabu.

Seperti diinformasikan sebelumnya, untuk dua pertandingan melawan Thailand, Luis Milla memanggil 22 pemain dengan enam di antaranya merupakan pemain senior atau berusia di atas 23 tahun.

Mereka adalah Muhammad Ridho, Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves, dan Lerby Eliandry. Dari antara dua nama tersebut, hanya Lerby dan Muhammad Ridho yang sudah pernah merumput di bawah komando Luis Milla.

Milla memiliki alasan sendiri mengapa dia memutuskan memilih keenam sosok senior tersebut. Menurut pria asal Spanyol tersebut, mereka memang dibutuhkan di pos-pos tertentu timnas U-23.

"Kami menganalisis dan menonton pertandingan semua pemain di liga, sekaligus memantau siapa saja pemain senior yang bisa membantu tim," tutur dia.

Adapun di Asian Games 2018, setiap tim di cabang olahraga sepak bola sektor putra dipersilakan menyertakan maksimal tiga pemain senior di dalam skuat timnas U-23nya.

Sejauh ini, sudah pernah ada beberapa pesepak bola senior yang dipanggil Luis Milla ke timnas U-23. Selain para pemain yang disebutkan di atas, Milla juga pernah memasukkan nama Ilija Spasojevic, Nelson Alom, Stefano Lilipaly, Bayu Pradana, Fahchrudin Aryanto, Irfan Bachdim dan Andritany Ardhiyasa ke dalam tim asuhannya.

Luis Milla menyebut, dirinya belum bisa memastikan siapa saja pemain yang akan masuk ke dalam skuat timnas U-23 di Asian Games 2018. Ada beberapa kali latihan dan laga uji coba lain sebelum memutuskan hal tersebut, termasuk di pertandingan kontra timnas U-23 Korea Selatan pada Sabtu (23/6).

"Saya akan putuskan tim inti Asian Games 2018 di hari terakhir pendaftaran pemain karena saya harus mempertimbangkan beberapa hal termasuk kemungkinan cedera dan munculnya pemain lain dengan performa yang lebih baik dari yang saat ini," tutur dia.

Pertandingan timnas U-23 Indonesia versus Thailand sendiri akan berlangsung di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis (31/5) dan Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Minggu (3/6). Kedua partai tersebut digelar mulai pukul 21.15 WIB.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024