850 bus cadangan disiapkan untuk angkut pemudik

id bus

850 bus cadangan disiapkan untuk angkut pemudik

Ilustrasi . Bus. (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antara) - Organisasi Angkutan Darat Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 850 armada cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik maupun balik Lebaran 2018.

"Sebanyak 850 bus pariwisata sebagai bus cadangan angkutan Lebaran sudah kami siapkan," kata Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY Agus Adrianto di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Agus, sebanyak  850 armada cadangan tersebut seluruhnya merupakan bus pariwisata karena bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang digunakan untuk angkutan Lebaran dari DIY jumlahnya terbatas.?

Bus cadangan yang disiapkan, menurut dia, ditujukan untuk semua jurusan. Tujuan arus mudik serta balik Lebaran yang paling dominan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni Jawa Tengah dan Jakarta.?

"Paling banyak tentunya masih tujuan Jakarta dan Jawa Tengah," kata dia.

Ia mengatakan bus AKAP yang tersedia saat ini berjumlah 440 unit, sedangkan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) yang aktif berjumlah 450 unit.

Ia berharap anggota Organda DIY tetap memperhatikan keamanan angkutan atau kelaikan armada berikut kelengkapan dokumen kendaraan. Untuk jarak tempuh 400 kilometer, pengemudi bus wajib disiapkan dua orang. Pemeriksaan kesehatan setiap sopir akan dilakukan mendekati mudik Lebaran 2018.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Rahardjo menyebutkan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan bus di Yogyakarta pada Lebaran 2018 mencapai 617.267 atau naik 1 persen dari tahun sebelumnya, untuk pemudik yang menggunakan angkutan udara diperkirakan mencapai 739.343 atau naik 11 pesen, dan yang menggunakan kereta api diperkirakan mencapai 491.590 atau naik 10 persen dari Lebaran tahun lalu.

Sementara itu mengurangi pemudik yang menggunakan sepea bermotor, menurut Sigit, Kementerian Perhubungan menyiapkan 15 bus untuk Program Mudik Gratis Lebaran 2018 bagi pemudik dari Jakarta ke Yogyakarta.

"Masing-masing bus yang disiapkan rata-rata memiliki kuota 40-50 kursi penumpang," kata Sigit.

Selain menyediakan bus, Kementerian Perhubungan juga menyiapkan 10 truk untuk mengangkut sepeda motor pemudik secara gratis.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar