Kapolda pastikan kondisi perlintasan kereta api

id perlintasan kereta

Kapolda pastikan kondisi perlintasan kereta api

Kapolda DIY dan Danrem 072 melakukan pengecekan perlintasan kereta api wilayah Daop 6. (Foto Antara/Mamiek)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Kepala Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Pol Ahmad Dofiri memastikan perlintasan kererta api Daerah Operasional 6 Yogyakarta sudah siap dilintasi kereta untuk Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2018.

"Kami telah melalukan pengecekan perlintasan kereta api, khususnya di wilayah DIY. Hasilnya, kesiapan mulai dari Stasiun Tugu bagus sekali, dari keamanan dan kenyamanan penumpang, tidak ada kendala," ujar Kapolda.

"Begitu juga jalur kereta, protapnya setiap hari ada yang mengecek dengan jalan kaki untuk memastikan kondisi rel," kata Ahmad Dofiri usai melakukan pengecekan perlintasan kereta di Stasiun Wates, Kabupaten Kulon Progo, DIY, Kamis.

Ia mengatakan hal yang perlu diwaspadai, yakni perlintasan sebidang tanpa palang pintu dan penjagaan. Setelah dipastikan dengan Daops 6, perlintasan sebidang hanya dilalui untuk sepeda motor.

"Masalahnya adalah adanya penambahan jumlah kereta api, durasi juga bertambah. Biasanya pada jam tertentu kereta lewat, tapi pada arus mudik dan arus balik belum tentu lewat. Hal ini yang perlu diwaspadai oleh masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut, Ahmad Dofiri memastikan kesiapan kereta api dan perlintasan kereta sudah bagus. Mudah-mudahan, arus mudik yang menggunakan kereta api berjalan lancar.

Terkait potensi gangungan keamanan, ia mengatakan Polda DIY menempatkan sejumlah petugas di stasiun.

"Kami akan membangun pos pelayanan dengan menempatkan sejumlah personel yang akan bergabung dengan petugas keamanan stasiun," ujarnya.

Ia mengatakan pada arus mudik dan arus balik, pihaknya menerjunkan sekitar 2.700 personel yang tersedar di 31 pos pengamanan dan pos pelayanan di beberapa titik untuk mengantisipasi kerawanan, keramaian dan kecelakaan lalu lintas.

"Kami menjamin arus mudik dan arus balik, semua pos keamanannya ditingkatkan," katanya.