Polres prioritaskan pengaturan jalur wisata ke Mangunan

id manungunan,jalur wisata

Polres prioritaskan pengaturan jalur wisata ke Mangunan

Desa Wisata Mangunan Dlingo Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan memprioritaskan pengaturan dan pengamanan pada jalur wisata ke arah Mangunan Dlingo terutama pada ruas Jalan Cinomati atau jalur wisata dari wilayah Kecamatan Pleret.

"Jelang Lebaran 2018, kemarin kami sudah cek jalur-jalur bersama Kasatlantas dan yang menjadi prioritas kita ada di jalur Cinomati arah ke objek wisata Becici Mangunan," kata Kepala Polres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan, di Bantul, Jumat.

Jalur Cinomati yang berada di wilayah perbatasan Pleret dengan Dlingo itu merupakan salah satu jalur wisata menuju kawasan wisata di Mangunan Dlingo, tetapi karena kondisi jalan yang berkelok dan menanjak serta kurang lebar, perlu ada perhatian dalam pengaturan.

Karena itu, kata dia, wisatawan terutama dengan menggunakan bus pariwisata diminta tidak melalui jalur Cinomati untuk antisipasi kejadian tidak diinginkan, melainkan lewat simpang tiga Pathuk ke selatan atau melalui Jalan Wonosari Piyungan naik.

"Cinomati jalurnya arah naik ke atas, itu memang tanjakannya sangat curam, ini berdasarkan imbauan nanti bus tidak boleh ada yang naik ke atas mengingat jalanan sangat sempit dan sebelah satu sisinya jurang," kata Kapolres.

Sedangkan untuk wisatawan ke arah Mangunan dengan menggunakan kendaraan roda empat, menurut dia, diarahkan melewati jalur Imogiri-Mangunan, akan tetapi jika terpaksa ada wisatawan dengan mobil yang lewat Cinomati, aparat polisi sudah melakukan antisipasi.

"Jadi saya sudah cek ke sana, dan nanti kita tempatkan di sana itu pos pantau arus, sehingga apabila ada mobil atau kendaraan yang tidak kuat naik ke Mangunan, petugas kita sudah siap untuk menjaga," katanya lagi.

Kapolres mengemukakan, dalam pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas selama libur Lebaran, Polres mengerahkan ratusan personel yang bergabung dengan organisasi masyarakat (ormas) dan relawan yang sangat antusias membantu tugas kepolisian.

"Selain Cinomati, kami juga antisipasi di jalur-jalur rawan macet, nanti juga ada petugas dengan motor trail untuk mengurai kemacetan. Jadi tidak selalu menggunakan mobil, tapi memakai motor untuk cek simpul-simpul yang jadi pusat kemacetan," katanya pula.




(T.KR-HRI)