BPJS Kesehatan buka posko di Stasiun Tugu

id stasiun tugu

BPJS Kesehatan buka posko di Stasiun Tugu

Stasiun Tugu Yogyakarta (Foto Antara/Rizky)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Yogyakarta akan membuka Posko Mudik BPJS Kesehatan di Stasiun Tugu Yogyakarta untuk memfasilitasi para pemudik Lebaran 2018 yang membutuhkan layanan kesehatan.

"Nantinya seluruh pemudik baik peserta JKN maupun tidak peserta JKN bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di posko itu," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Dwi Hesti Yuniarti saat jumpa pers di Yogyakarta, Senin.

Hesti mengatakan Posko Mudik BPJS Kesehatan yang akan dibuka mulai 9 hingga 14 Juni 2018 tersebut menyedikan sejumlah pelayanan kesehatan, penyediaan obat-obatan hingga pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

"Di posko itu kami juga menyediakan fasilitas untuk beristirahat serta relaksasi bagi para pemudik misalnya layanan pijat sambil menunggu kereta," kata dia.

Dalam Posko Mudik BPJS Kesehatan yang akan beroperasi 24 jam tersebut, akan ditempatkan sejumlah tim yang terdiri atas petugas BPJS Kesehatan, dokter, serta paramedis yang berasal dari puskesmas atau fasilitas kesehatan lain mitra BPJS Kesehatan.

"Prinsip portabilitas pada Program JKN-KIS bisa dirasakan saat-saat mudik lebaran," kata dia.

Selain di Stasiun Tugu Yogyakarta, menurut dia, Posko Mudik BPJS Kesehatan digelar secara serentak bersama-sama dengan posko di delapan titik padat pemudik lainnya di Indonesia, seperti Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

Ia mengatakan untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.