Daop 6 selenggarakan angkutan "super sukses"

id gelar pasukan daop VI,pengamanan angkutan KA

Daop 6 selenggarakan angkutan "super sukses"

Gelar pasukan pengamanan arus Mudik dan Balik Lebaran PT KAI Daop 6 di Stasiun Tugu Yogyakarta. (Foto Antara/Eka Arifa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta siap mewujudkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 "super sukses" dengan melakukan berbagai persiapan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik.

"Penyelenggaraan masa Angkutan Lebaran 2018 dimulai sejak hari ini hingga 26 Juni. Seluruh personel PT KAI akan dimaksimalkan untuk memberikan pelayanan terbaik ke penumpang. Akan ada sejumlah posko pelayanan yang dibuka di seluruh stasiun," kata Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Purwanto usai memimpin gelar pasukan PT KAI di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa.

Selain peningkatan pelayanan, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga akan meningkatkan pengamanan dengan memaksimalkan petugas Polsuska, serta memperoleh tambahan 184 personel keamanan dari kepolisian dan TNI serta 26 petugas "customer service mobile" yang akan memberikan pelayanan di lima stasiun yaitu di Tugu, Balapan, Klaten, Purwosari, dan Lempuyangan.

Sebelum melakukan gelar pasukan, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga sudah melakukan pengecekan terhadap kondisi perlintasan untuk memastikan bahwa jalur kereta api aman digunakan, termasuk menambah petugas jaga di pintu perlintasan yang ramai lalu lalang kendaraan.

Pada masa Angkutan Lebaran 2018, PT KAI Daop 6 menambah 34 petugas jaga palang pintu perlintasan di 17 titik yang padat dengan arus kendaraan, seperti di Jenar, Solo, dan Gemolong.

"Masyarakat yang melintas di perlintasan kereta diminta bersabar. Dahulukan perjalanan kereta karena akan ada penambahan frekuensi perjalanan kereta saat masa Angkutan Lebaran," kata Eko.

Puncak kepadatan pemudik di Daop 6 diperkirakan terjadi pada 13 Juni hingga 18 Juni. "Untuk saat ini, belum terlihat peningkatan jumlah penumpang di stasiun-stasiun," katanya.

Selama masa Angkutan Lebaran 2018, jumlah penumpang kereta api di Daop 6 Yogyakarta diperkirakan mencapai 615.719 penumpang atau naik dibanding tahun lalu sebanyak 601.645 penumpang.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta akan menyediakan tujuh kereta tambahan di antaranya Argo Lawu Fakultatif, Argo Dwipangga Fakultatif, Taksaka Malam Lebaran, Taksaka Pagi Lebaran, Lodaya Lebaran, Sancaka Lebaran, dan Mataram Premium.

Selama Ramadhan, PT KAI juga akan menyediakan sahur dan buka puasa gratis untuk penumpang kereta jarak jauh yang akan dilakukan pada H-10 hingga H-1 Lebaran. Jumlah makanan yang disediakan akan disesuaikan dengan jumlah penumpang kereta.

"Masyarakat juga bisa memanfaatkan kereta angkutan motor gratis. Di Daop 6, layanan ini dapat diakses di Stasiun Lempuyangan, Klaten dan Purwosari," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024