Taman Pintar Yogyakarta buka sampai malam

id taman pintar, buka sampai malam

Taman Pintar Yogyakarta buka sampai malam

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meresmikan Taman Pintar buka sampai pukul 21.00 WIB (Humas Pemkot Yogyakarta) (Humas Pemkot Yogyakarta/)

Yogyakarta (Antaranews Jogja)- Tempat wisata dan edukasi Taman Pintar Yogyakarta memutuskan menambah jam operasional layanan hingga malam hari guna memberikan pilihan atraksi wisata malam yang lebih banyak bagi wisatawan di Yogyakarta.

"Jika sebelumnya layanan hanya dilakukan hingga sore hari, maka saat ini wisatawan bisa berkunjung dan menikmati berbagai wahana di Taman Pintar hingga pukul 21.00 WIB," kata Kepala Bidang Taman Pintar Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Afia Rosdiana di Yogyakarta, Selasa.

Zona yang bisa dikunjungi wisatawan saat malam hari meliputi area "playground", perpusatakaan dan "science theater". Bahkan, pengelola Taman Pintar membuka kafe di area "playground" untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Selain menambah pilihan atraksi wisata malam yang bisa dinikmati wisatawan di Kota Yogyakarta, kebijakan penambahan jam operasional tersebut juga diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan di Yogyakarta.

"Kami juga berharap, penambahan jam operasional Taman Pintar ini bisa mendukung pengembangan kawasan Malioboro sebagai pedestrian," katanya.

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta berada di Jalan Senopati yang tidak terlalu jauh dari kawasan Malioboro, bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, penerapan kebijakan penambahan jam layanan hingga malam hari dinilai cukup strategis.

 "Apalagi, saat ini menjelang libur Lebaran. Biasanya, pengunjung Taman Pintar akan mengalami peningkatan cukup signifikan saat libur nanti," katanya.

Meskipun demikian, lanjut Yunianto, evaluasi terhadap kebijakan penambahan jam operasional tersebut akan tetap dilakukan untuk mengetahui kekurangan yang harus diperbaiki agar Taman Pintar tetap bisa memberikan pelayanan terbaik ke wisatawan.

Saat ini, rata-rata kunjungan wisatawan ke Taman Pintar mencapai satu juta orang per tahun.

Pada acara persemian penambahan jam operasional tersebut juga diisi dengan kegiatan "talk show" tentang "artificial inteligence" untuk meningkatkan minat generasi muda mempelajari cabang ilmu pengetahuan tersebut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, penambahan jam operasional Taman Pintar hingga malam hari diharapkan dapat mendukung pengembangan pariwisata di Yogyakarta sekaligus mendukung pengembangan Malioboro sebagai kawasan pedestrian.?

"Bisa jadi alternatif wisata malam hari di Yogyakarta setelah sebelumnya Pasar Beringharjo juga sudah menambah jam operasional hingga malam hari," katanya.


(E013)  05-06-2018 19:26:27

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024