Polres Bantul dirikan lima pos pengamanan Lebaran

id pos lebaran

Polres Bantul dirikan lima pos pengamanan Lebaran

Petugas pos pam sedang mengamati pergerakan arus mudik. (Foto ANTARA/Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendirikan lima pos pengamanan di wilayah hukum kabupaten setempat menghadapi arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Hasil dari rapat koordinasi (rakor) internal dan eksternal, jajaran Polres Bantul mendirikan enam pos, terdiri lima Pos Pengamanan (Pospam) dan satu Pos Pelayanan," kata Kabag Ops Polres Bantul Kompol Jan Benjamin disela Rakor Kesiapan menghadapi Lebaran 2018 di Bantul, Kamis.

Lima Pos Pengamanan itu berada di kawasan Bundaran Srandakan, Pospam simpang Sedayu, Pospam kawasan simpang Piyungan, Pospam Kretek sekitar pintu masuk wisata Parangtritis dan Pospam Ketandang Banguntapan.

Sedangkan Pos Pelayanan (Posyan) didirikan di komplek Pasar Seni Gabusan Jalan Parangtritis, Posyan ini didirikan secara terpadu dengan instansi terkait lainnya yaitu Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

"Selain ada lima Pospam dan satu Posyan juga kita mendirikan pos pantau di 13 titik se-Bantul, dengan prioritas ditempatkan di kawasan potensi rawan kemacetan lalu lintas dan kerawanan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," katanya.

Adapun 13 pos pantau itu antara lain pos depan Kecamatan Imogiri, depan Pasar Bantul, Soragan Kasihan, perempatan Tamantirto, Gua Cemara, perempatan Nglarang Pandak, pertigaan Sindon Pajangan, perempatan Paker, sempalan Pundong, Jejeran Wonokromo, Cino Mati Pleret, perempatan Mangunan dan perempatan Jembatan Sungai Pundong.

"Kemudian ditambah pos pantau yang menyatu dengan Posko SAR Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Untuk pos di Gua Cemara dan lain-lain koordinasinya langsung diampu polsek (kepolisian sektor) masing-masing," katanya.

Kabag Ops Polres Bantul mengatakan, dalam kesiapan menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2018, Polres Bantul juga sudah menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Progo 2018, operasi tersebut sudah mulai sejak Kamis (7/6) pada pukul 00.00 WIB sampai 24 Juni pukul 24.00 WIB.

"Konsep Operasi Ketupat Progo ini, lebih ditekankan kepada kegiatan preentif dan preventif juga penegakan hukum. Selama pengamanan Lebaran 2018, Polres Bantul menerjunkan sekitar 400 personel dari polres jajaran dan polsek jajaran," katanya.