Sleman gelar lomba mendongeng guru TK

id pemkab sleman

Kantor Pemda Kabupaten Sleman (Foto ANTARA/ags)

Sleman, 7/6 (Antara) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan Lomba Mendongeng bagi guru TK dan PAUD se-Kabupaten Sleman, Kamis.

Lomba yang diikuti 30 orang peserta tersebut bertujuan untuk pengenalan budaya literasi terhadap anak-anak, kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sleman, Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri.

Menurut dia, kegiatan mendongeng penting bagi tumbuh-kembang anak. Kegiatan mendongeng dapat menyampaikan pesan moral dan nilai-nilai luhur dengan cara yang mudah dipahami oleh anak.

"Dan ini merupakan langkah awal pengenalan literasi pada anak-anak. Sehingga ini merupakan kegiatan yang harus dibudayakan," katanya.

Ia mengatakan, diharapkan kegiatan ini tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah saja, namun orang tua di rumah juga dapat menyampaikan dongeng kepada anaknya.

"Hal ini dapat mempererat hubungan emosional antara orang tua dan anak. Dan itu akan menjadi modal untuk anak di masa depan yang luar biasa," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi yang juga hadir pada acara tersebut mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan tersebut.

"Kegiatan mendongeng ini sudah ada sejak lama. Namun saat ini kondisinya sudah berubah. Kesibukan orang tua sering kali menjadi kendala untuk mendongeng kepada anaknya. Ditambah lagi sekarang ini anak-anak sudah diberi handphone (HP). Jadi kegiatan mendongeng sebelum tidur itu ya diganti dengan HP itu sampai anaknya tidur. Bahkan kalau keterlaluan itu akan berdampak tidak baik baik anak-anak kelak," katanya.

Sumadi berharap kegiatan mendongeng dapat digalakkan lagi di masyarakat, khususnya dalam rumah tangga.

"Kegiatan mendongeng merupakan kegiatan yang mempunyai dampak yang sangat positif dan tidak memerlukan banyak biaya, bahkan gratis," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar